KORELASI AQIDAH AKHLAK DENGAN JIWA NASIONALISME SISWA MTS (Studi kasus di MTS Ikhsaniyah Banyumudal Moga)

Umami Umami

Abstract


Aqidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memotivasi siswa untuk belajar dan mempraktikkan kepercayaan mereka dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan moral yang baik dan menghindari moral. Jenis penelitian ini adalah dalam bentuk penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran akhlak Aqeedah di MTs Ikhsaniyah Banyumudal Moga termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 50,6. Nilai ini berada dalam interval 45.2-56. Sedangkan variabel Semangat Nasionalisme Siswa MTs Ikhsaniyah Siswa Banyumudal Moga termasuk dalam kategori sedang, dimana hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata Jiwa Nasionalisme sebesar 58,03. Nilai ini berada dalam interval 53.74 - 63.34. Hasil perhitungan hubungan antara Aqeedah Moral Learning dengan Jiwa Nasionalisme Siswa MTs Ikhsaniyah Banyumudal Moga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,428. Selain itu, juga diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi 0,000. Jika nilai signifikansi dibandingkan dengan tingkat signifikansi (α), nilai signifikansi yang diperoleh = 0,000 <α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Pembelajaran Moral Aqeedah dan Jiwa Nasionalisme Siswa. Koefisien korelasi 0,4288 berada pada interval 0,40-0,599 sehingga berdasarkan tabel tingkat korelasi dan kekuatan hubungan dapat disimpulkan bahwa hubungan antara pembelajaran moralitas dengan Jiwa Nasionalisme Siswa memiliki hubungan yang kuat.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ubed, Politik Identitas Etnis, Pergulatan Tanda Tanpa Identitas.Magelang. Indonesia Tera, 2002.

Ali,Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indoneia. Jakarta. Balai pustaka.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta, 2009.

Depag RI, Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (Standar Kompetensi). Jakarta. Direktorat jenderal kelembagaan agama Islam, 2004.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam. Jakarta. PT Ikrar Mandiriabadi, 2002.

Muhlisin, Mental Revolution Through ReligiousAnd Character Education In Primary And Secondary Education”, dalam Paper Realizing mental revolution through reconstruction of science in Islamic higher education instituion, Part II : Education Two: Educational Management and Character Education. Pekalongan, 2016.

Mulyasa, Menjadi Guru Professional. Bandung. Remaja Rosda Karya, 2005.

Syah, Muhibbin, Psikologi belajar. Jakarta. Logos Wacana Ilmu, 2001.

Takdir illahi, Mohammad, Nasionalisme dalam Bingkai Pluralitas Bangsa. Yogyakarta. Ar-ruzz media, 2012.

Walgito Bimo, Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta. CV Andi offset, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.