PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI MANASIK HAJI KELAS X IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Elyana Elyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran learning together dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan pada materi manasik haji kelas X IPA 2 di semester genap tahun pelajaran 2015/2016 SMA Negeri 3 Metro. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Cara ini digunakan untuk mendapatkan data-data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati dengan menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran learning together pada materi manasik haji terdapat beberpa temuan yang harus diperhatikan salah satunya adalah elemen dan unsur dari model pembelajaran learning together. Pertama, elemen model pembelajaran learning together, yang meliputi interdependence positif, interaksi langsung, keterampilan sosial, akuntabilitas individu, dan pemrosesan kelompok. Kedua, unsur model pembelajaran learning together, meliputi interaksi tatap muka, tanggung jawab individual dan kemampuan-kemampuan interpersonal, terlihat dari sebelum dilakukan penerapan learning together keterampilan siswa yang masih dibawah 73%, pada siklus I keterampilan siswa dalam kategori sedang yaitu sebesar 75,14%, dan pada siklus II dalam kategori tinggi yaitu 85,29%.

Keywords


Penerapan model pembelajaran, Learning Together, Manasik Haji

References


Supriawan, Dedi dan A. Benyamin Surasega, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: FPTK IKIP, 1990.

Rukajat, Ajat, Managemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Putranta, Himawan, Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2008.

Herpratiwi, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2009.

Rusman, Model Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Gordon, Teaching Skill. New York: Wesk Publishing Company, 1994.

Robbin, The National Curriculum. London: Departement for Education and Employment, 2000.

Hidayat, Mohammad, Eksiklopedi Haji & Umrah (Petunjuk Lengkap Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji & Umrah). Jakarta: Bestari Buana Murni, 2014.

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2007.

,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Reneka Cipta, 2002.

Nazir, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Winarno, Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah dan Dasar Metode Teknik. Bandung: Putra Grafida, 1994.

Agus suprijono, Cooperative Learning. Yogyakarta : PT. Pustaka Belajar, 2009.

Miftahul Huda, Cooperative Learning, Teknik, Stuktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2011.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Pola Pembinaan Jamaah Haji, 2009, Jakarta : Departemen Agama RI

Gordon, Teaching Skill. New York: Wesk Publishing Company, 1994.

Nedler, Mac, Reading Skill and Media. New York: Wesk Publishing Company, 1986.

Dunnette,David L, Skill and Play. New York: Ballantine Books, 1976.

Iverson, Allen, Welcome To Reading. New York: World Book, 2001.

Robbin, The National Curriculum. London: Departement for Education and Employment, 2000.

Al-Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah (Mesir: al-Fath lil A‟lam al-Arabi, 2004.

Hidayat, Mohammad, Eksiklopedi Haji & Umrah. Jakarta: Bestari Buana Murni, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.