PENGEMBANGAN MODEL IBRAH MAUIDZAH DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

Asep abdul Aziz, Nurti Budiyanti, Aan Hasanah

Abstract


Terdapat indikasi kuat mengenai hilangnya nilai-nilai luhur yang melekat pada anak-anak sekolah, seperti nilai kejujuran, kesantunan, kebersamaan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlu ada upaya untuk menjadikan nilai-nilai itu kembali menjadi karakter yang tertanam dalam pribadi bangsa kita. Salah satu upaya ke arah itu adalah memperbaiki sistem pendidikan dengan menitikberatkan pada pendidikan keagamaan ataupun kegiatan yang bernilai keagamaan sehingga terbentuk akhlak yang terpuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai model Ibrah Mauidzah melalui pembelajaran PAI dalam meningkatkan karkater siswa. Metode yang digunakan adalah kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah dengan objek penelitian atau pengumpulan data bersifat kepustakaan. Model Ibrah Mauidzah merupakan penyampaian materi pendidikan dengan perkataan yang lemah lembut namun tegas dan benar berdasarkan ilmu dan menggunakan kata-kata bijak sesuai dengan tingkat kepandaian dan bahasa yang dikuasai peserta didik. Memberikan nasihat dan perumpamaan yang menyentuh jiwa sesuai dengan taraf pengetahuan.


Keywords


Model, Ibrah Mauidzah, Karakter

References


Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 01(01), 45–62.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Darojah, S. (2016). Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul. 1(November), 233–244.

Esmi Tsalsa Sofiawati, F. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 280–285.

Gunawan, I. (2012). Pendidikan karakter di Tingkat Sekolah Dasar Meretas Sekolah Humanis Untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar (SD) yang Cerdas dan Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers.

Ilviatun Navisah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ipah Latipah. (2016). Implementasi Metode Al-Hikmah, Al- Mau’idhah Al -Hasanah, Dan Al-Mujadalah Dalam Praktik Pendidikan (. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 19–37.

Johansyah. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63

Kiromim Baroroh. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing – Kiromim Baroroh. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(2), 149–163.

Kisnanziar. (2014). Metode Pendidikan Ibrah Mauidzah. Https://Kisnanziar.Wordpress.Com/2014/12/30/Metode-Pendidikan-Metode-Ibrah-Mauizah/, Diakses, 14/08/20.

Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Maknun, L., Supriadi, U., & Indonesia, U. P. (2017). Efektivitas Metode Ibrah Mauidzah dalam Model Pembelajaran Student teams Achievement Divisions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Plus Darul Hufadz Jatinangor. Indonesian Journal of Islamic Education, 4(2), 107–126.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Muhajir Syarif. (n.d.). Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan karakter Bangsa. Pascasarjana IAIN Raden Patah, 1–13.

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa ( Core learning model for improving student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 224–232.

Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai PAI dalam Membentuk Karakter Siswa. Edureligia, 01(01), 1–12.

Mustika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.

Nurdin. (n.d.). Implementasi Metode Pembelajaran dalam Al-Qur’an bagi Pendidik Era Milenial. In Widyaiswara BDK Provinsi Aceh (pp. 172–189).

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Sigit Priatmoko. (n.d.). Implementasi Pendidikan karakter berbasis Pesantren di Madrasah. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul "Ulum Lamongan, 1–19.

Siska Kusumawati. (2018). Upaya Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa melalui Kegiatana Keagamaan bagi Siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 ”. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.

Tisnia, T. (n.d.). Metode Ibrah dan Mauidzah. Http://Ippnuteni.Blogspot.Com/2013/12/Metode-Ibroh-Dan-Mauidzah-Smt-5.Html.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v4i01.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.