INKLUSIFISTAS PEMIKIRAN DAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PERSPEKTIF KARL R. POPPER

Bahrun Ulum

Abstract


Inklusivistas Pemikiran Pendidikan Islam terhadap perspektif Karl R. Popper merupakan sebuah konsep tawaran untuk pendidikan pesantren tentang falsifikasi Karl R. Popper. Popper adalah seorang filsuf kontemporer yang melihat kelemahan dalam prinsip verifikasi berupa pembenaran (justification) terhadaap teori yang telah ada. Ia mengajukan prinsif falsifikasi; Pertama, Popper menolak anggapan umum bahwa suatu teori dirumuskan dan dapat dibuktikan kebenarannya melalui prinsip verifikasi, sebagaimana yang dianut oleh kaum positivistik. Teori-teori ilmiah selalu bersifat hipotetis (dugaan sementara), tak ada kebenaran terakhir. Setiap teori selalu terbuka untuk digantikan oleh teori yang lebih tepat. Kedua, cara kerja metode induksi yang secara sistematis dimulai dari pengamatan (observasi) secara teliti gejala yang sedang diselidiki. Ketiga, Popper menawarkan pemecahan baru dengan mengajukan prinsip falsifiabilitas, yaitu bahwa sebuah pernyataan dapat dibuktikan kesalahannya. Penulis berharap dengan adanya pemaparan tulisan ini dapat menambah semangat epistemologi Popper, falsafikasi dapat dijadikan langkah untuk menyadarkan dan membangkitkan kembali gairah dan semangat ilmiah umat Islam. Islam niscaya inklusif terhadap pemikiran lain dan harus dengan percaya diri bisa menanggapi serangan paham lain dan keberanian untuk melahirkan hipotesa (konjektur) harus dibangkitkan.


Keywords


falsifikasi, Pendidikan Islam, Inklusifitas Islam

Full Text:

PDF

References


Bertens, K, (1983). Filsafat Barat Kontemporer, Inggris Jerman, Jakarta: gramedia.

Muslih, Mohammad, (2004). Filsafat Ilmu: kajian atas asumsi dasar, paradigma dan kerangka teori ilmu pengetahuan,Yogyakarta: Belukar.

---------------------------, (2005). filsafat ilmu: kajian atas asumsi dasar, paradigma kerangka teori ilmu pengetahuan, cet. II. Yogyakarta: belukar.

Muntansyir, Rizal & Misnal Munir, (2006). Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

----------------------------, (1992). Filsafat sebagai Ilmu Kritis, Yogyakarta: Kanisus.

Nasr, Seyyed Hossein, (2009). Intelektual Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Popper, Karl R, (1992) conjectures and Refutations, London and New York: Routledge

---------------------------, (2000). Realism And The Aim of Science, New York: Routledge.

----------------------------, (2008). terj., Saut Pasaribu dan Aji Sastrowardoyo, Logika Penemuan Ilmiah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suseno, Franz Magnis, (2005). Pijar-Pijar Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v4i01.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.