Perancangan Sistem Informasi Koleksi Benda Seni Ir. Soekarno Pada Istana Negara Berbasis Web

Morina Morina, Samsoni Samsoni

Abstract


Yayasan Singgasana Seni adalah salah satu lembaga non profit yang didirikan oleh presiden ke-5 sekaligus anak dari Ir. Sukarno yaitu Megawati Soekarno Putri yang akan diluncurkan Bersamaan dengan penerbitan buku Singgasana Seni dan website www.singgasanaseni.org, yang merupakan salah satu wadah untuk menyimpan dan mengkurasikan koleksi-koleksi karya seni yang di koleksi oleh Presiden pertama indonesia Ir. Soekarno baik yang tersimpan sebagai koleksi keluarga maupun yang tersimpan pada istana negara. Saat Ini ada lebih dari 1300 karya seni yang dikoleksi oleh Presiden Ir. Sukarno, tersebar di enam istana milik Negara Kesatuan Republik Indonesia, koleksi-koleksi tersebut akan dibuatkan buku berjudul Singgasana Seni, buku tersebut terdiri dari 6 seri yang masing-masing bukunya memiliki tema tersendiri. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat sebuah media pustaka digital yang berisi berbagai jenis karya seni yang pernah dikoleksi oleh presiden pertama indonesia yaitu Ir. Sukarno yang tersimpan di Istana Negara menggunakan Django Framework, dengan format seperti buku Lee Man Fong namun bisa dijangkau lebih luas oleh masyarakat melalui website. Dengan adanya website singgasanaseni ini diharapkan akses terhadap Informasi yang berhubungan dengan karya seni terutama koleksi benda seni milik Ir. Sukarno di istana negara menjadi lebih mudah sehingga diharapkan minat masyarakat terhadap seni dan budaya dapat semakin tumbuh sehingga dapat menginspirasi seniman - seniman muda.

 


References


Binus University. (2019). UML Diagram : Use Case Diagram. Dipetik Juni 4, 2020, dari School of Computer Science: https://socs.binus.ac.id/2019/11/26/uml-diagram-use-case-diagram/

Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya terhadap Brand Image Perusahaan pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 37-57.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, (6), 1-9.

Husain, T., & Budiyantara, A. (2018). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. JATISI: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 4(2), 164-176.

KBBI. (2020). kbbi.we.id/koleksi. Diambil kembali dari kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/koleksi

Kompasiana.com. (2020, Juni 9). Seni Media (Kebiasaan) Baru Kemajuan Teknologi Informasi dan Seni. Dipetik Juli 3, 2020, dari https://www.kompasiana.com/iiculyogya/54fff4d38133111918fa6f05/seni-media-kebiasaan-baru-kemajuan-teknologi-informasi-dan-seni

Kusnendi. (2014). Modul 1: Konsep Dasar Sistem Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nusantoro, J., Rosid, A., & Sudarmaji, S. (2019, December). Penerapan Transparansi Dan Akuntabilitas Penggunaan Dana Desa Melalui Sistem Laporan Keuangan Berbasis Web. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, Pp. 126-131).

Pratomo, Y. (2019, Mei 16). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa, Online. (O. Yusuf, Penyunting) Dipetik Januari 25, 2020, dari Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Pressman, R. S. (2012). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak (7 ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rianto, P. (2014). Analisis Sistem Kearsipan pada UPT. Badan Perpustakaan Umum, Arsip dan Dokumentasi Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.

Saragih, d. A. (2015). Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia. 1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (M. Sutopo, Penyunt.) Bandung: CV. Alfabeta.

Thabroni, G. (2020, 2 24). Konsep Seni: Pengertian, Sifat, Struktur, Fungsi & Aplikasinya. Diambil kembali dari serupa.id: https://serupa.id/konsep-seni-dan-aplikasinya/

Wikipedia. (2019, September 25). Istana Negara. Diambil kembali dari Wikipedia.com: https://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Negara

Yayasan Singgasana Seni. (2020). Diambil kembali dari http://singgasanaseni.org/

Yusufhin, F. (2017). Peranan IVAA (Indonesian Visual Art Archieve) Dalam Pengembangan Seni di Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Zailani, A. U., Perdananto, A., & Sholihin, N. (2020). Pengenalan Sejak Dini Siswa SMP tentang Machine Learning untuk Klasifikasi Gambar dalam Menghadapi Revolusi 4.0. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.