Pengembangan Integrated Counseling Problem Solving Bagi Mahasiswa Berbasis Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Hadi Pranoto, Sudarmaji Sudarmaji

Abstract


Penelitian integrated counseling berbasis SIM ini memiliki rumusan masalah: Bagaimanakah pengembangan integrated counseling berbasis Sistem informasi? Tujuan Penelitian Ini Adalah: Untuk Mengetahui pengembangan integrated counseling berbasis Sistem informasi. Metode Penelitian : Metode dalam Penelitian menggunakan Mix Method (Metode campuran) penggabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan eksperimen terhadap mahasiswa program studi Bimbingan Konseling dan prodi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro. Mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan integrated counseling problem solving sebanyak 20 orang yang terbagi dalam  5 mahasiswa di program studi Bimbingan dan Konseling dan 15 mahasiswa di program studi ilmu komputer.Luaran yang ingin dicapai yaitu: Luaran dalam Penelitian ini berupa artikel Ilmiah yang dipublikasikan dan berupa hasil pengembangan integrated counseling berbasis SIM.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Counseling Problem Solving, integrated counseling


References


Marzuki., Pranoto, H., Wibowo, A., & Anjar, T. (2018). Penguasaan Keterampilan Dasar Menuju Konseling Efektif. Metro: Lemlit UM Metro Press.

Pranoto, Hadi, Agus Wibowo, and Tri Anjar. "Basic Skill of Counseling Modules to Increase Competence in Professional School Counsellor." KnE Social Sciences (2019): 88-104.

Prayitno. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmaji, S. (2017). Sistem informasi Manajemen sarana sosialisasi pasar tradisional secara on line kepada masyarakat. Mikrotik: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).

Sudarmaji, S., & Pranoto, H. (2018). Model Integrated Counseling Problem Solving Mahasiswa Berbasis Layanan Sistem Informasi. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(2), 59-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.