EVALUASI ALOKASI ANGGARAN DANA BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK GAJI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN HONORER SD NEGERI 4 METRO TIMUR KOTA METRO

Herman Sismono

Abstract


Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur serta membandingkan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dicapai dengan hasil yang seharusnya menurut rencana, diperoleh informasi mengenai nilai atau manfaat hasil kebijakan, serta dapat dilakukan perbaikan bila terjadi penyimpangan didalamnya.Menurut Permendikbud No. 3 Tahun 2019: 19 tentang Juknis BOS 2019 yaitu penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler di Sekolah untuk penyediaan dana biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Evaluasi alokasi anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru dan tenaga kependidikan Honorer di SD Negeri 4 Metro Timur.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi alokasi anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru dan tenaga kependidikan Honorer di SD Negeri 4 Metro Timur.Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif.Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 4 Metro Timur yang beralamat di Jl. AH. Nasution No. 214 Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur Kota Metro Lampung mendeskripsikan evaluasi alokasi anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru dan tenaga kependidikan Honorer di SD Negeri 4 Metro Timur.Dari hasil penelitian tentang evaluasi pengguanan BOS untuk gaji guru dan tenaga kependidikan honorer di SD Negero 4 Metro Timur dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan BOS di SD Negeri 4 Metro Timur telah efektif, efesien, respontif dan tepat waktu. Dalam pengalokasian dana BOS untuk menggaji pegawai telah sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam RKAS dan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Keywords


Dana BOS, Evaluasi, Tendik

References


Agustino, Leo. 2008. Dasar- dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Danim, Sudarwan, dan Yunan Danim. 2010. Administrasi Sekolah & Manajemen.Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Dunn, William. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Fitri, Afrilliana. 2014. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi..Jurnal.Universitas Negeri Padang.

Gedeian, Arthur G. 1991.Organization Theory and Design.University of Colorado at Denver.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nugroho, Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, implementasi dan evaluasi. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sugioyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharto, Edi. 2008. Kebijakan sosial sebagai Kebijakan publik. Bandung: Alfabeta

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang No. 14 Tahun 2015. Guru dan Dosen.

Waluyo. 2007. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik :Teori dan Proses. Yogyakarta : Med Press ( Anggota IKAPI ).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud No.3 Tahun 2019. Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2019 . Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i1.1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Herman Sismono



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.