MODEL PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ADMINISTRASI PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO BERBASIS CLIENT SERVER

Sudarmaji Sudarmaji

Abstract


Teknologi jaringan saat merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang kebutuhan kerja terutama yang berhubungan dengan komputer, oleh karena itu efektifitas dan efisiensi bisa dicapai yang akhirnya produktifitas lebih baik. Teknologi komputer sudah merambah keberbagai bidang termasuk pendidikan. Sebagian perguruan tinggi telah memiliki jaringani komputer untuk mempercepat proses kerja administrasi. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (Service). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro Lampung, telah tersedianya suatu jaringan Area Network (LAN) dan jaringan Wi-Fi yang terkoneksi dengan internet. Dari jaringan tersebut beberapa manfaat yang dihasilkan yaitu, digunakan sebagai media transfer data antar komputer serta jaringan Wi-Fi yang terkoneksi dengan internet digunakan sebagai media untuk mencari informasi yang berkaitan dalam hal kegiatan adminitrasi maupun perkuliahan baik digunakan oleh pihak dosen maupun mahasiswa, jaringan Local Area Network (LAN) tersebut masih menggunakan kabel sebagai media penghubung. Selain pada itu data pada komputer yang terhubung melalui jaringan tersebut belum tersistem secara terpusat, sehingga dalam memindahkan data perlunya waktu untuk memindahkan data tersebut melalui alat bantu salah satunya yaitu yang biasanya disebut flashdisk. Sistem jaringan Local Area Network (LAN) tersebut, Adanya hal-hal yang perlu diperbaiki, beberapa hal yang menjadi dasar untuk memperbaiki sistem jaringan Local Area Network (LAN) tersebut yaitu a). Banyaknya kabel-kabel  UTP yang digunakan untuk jaringan Local Area Network (LAN) yang tidak diatur dengan baik, sehingga banyak kabel-kabel UTP tersebut pada jaringan Local Area Network (LAN) menjadi berantakan. b). Belum tersedianya sistem jaringan komputer yang digunakan sebagai media implementasi sistem pengolahan data mahasiswa pada kegiatan administrasi dan kegiatan fakultas berbasis Client-Server.

Kata kunci : Jaringan, LAN, WIFI, Client-Server 


Full Text:

PDF

References


Hartono, Jogyanto, 1999, Analisis dan Desain, Andi Offset, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Ladjanudin, Bin Al-Bahar, 2013, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha

Ilmu, Yogyakarta.

Nugroho, Adi, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data,

Yogyakarta, Andi Offset.

Nugroho, Bunafit, 2005, Database Relasional dengan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Heriadi, Dodi, 2005, Jaringan Wi-Fi, Andi Offset, Yogyakarta.

Setianto, Eko H, 2008, Mari Mengenal Jaringan Komputer , Andi Offset, Yogyakarta.

S Sudarmaji. (2017). Sistem Perkuliahan Online pada IAIN Raden Intan Bandar Lampung MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika 7 (1)

S Sudarmaji.(2016). Migrasi dan Optimalisasi Database Sistem Informasi berbasis E-Learning Program Diploma III Manajemen Informatika Universitas Muhammadiyah Metro. Mikrotik 6 (2)

Sudarmaji, 2017. Sistem Informasi Manajemen, Laduny, Lampung

Hidayat, A. (2017). Konfigurasi Server Cloud Storage pada Jaringan LAN pada LAB Diploma III Manajemen Informatika UM Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika 7 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sudarmaji Sudarmaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.