SISTEM INFORMASI REALISASI BEBAN KERJA SALES DAN MARKETING BERBASIS WEB DENGAN PERMODELAN UML (STUDY KASUS: LKP PALCOMTECH)

Dini Hari Pertiwi

Abstract


Sebuah website sudah mulai banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan dengan tujuan sebagai media komunikasi, promosi atau bahkan menjadi media transaksi bagi perusahaan tersebut. Karena banyaknya kemampuan yang dimiliki oleh sebuah website maka perusahaan mulai banyak memanfaatkan website untuk kebutuhan yang lainnya, salah satu pemanfaatan website yaitu digunakan untuk pemantauan target kerja yang dilakukan oleh bagian sales dan marketing. Pembagian target kerja akan langsung dibagi berdasarkan potensi cabang masing-masing sehingga kepala cabang, koordinator cabang dapat langsung melakukan pemantauan terhadap capaian yang dilakukan oleh sales dan marekting terhadapt target yang diberikan. Karena website yang dapat menjadi media komunikasi pemcapaian realisasi target kerja maka website dibuat dengan menggunakan permodelan UML (Unified Modeling Language) untuk memudahkan jika suatu saat akan dilakukan pengembangan sistem informasi realisasi beban kerja sales dan marketing. Sistem informasi realisasi beban kerja sales dan marketing akan menyimpan informasi target untuk masing-masing cabang, nama produk yang akan dipromosikan, serta akan menyimpan data konsumen dan capaian yang dilakukan oleh sales dan marketing. Realisasi pencapaian dapat langsung dilihat melalui dashboard masing-masing kepala cabang dan koordinator cabang sehingga tidak perlu menunggu laporan yang dikirimkan oleh masing-masing sales dan marketing. Sistem informasi realisasi beban kerja sales dan marketing ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Framework PHP yaitu  codeigniter sedangkan database yang digunakan adalah MySQL.


Keywords


Website, Beban Kerja, Sales dan Marketing, UML, Codeigniter, PHP & MySQL

Full Text:

PDF

References


. Anggaraini Dina, Widiastuti, Faizal, “Rancang Bangun Sistem Informasi dan Aplikasi Penjualan pada Koperasi Kartika Salak”, Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro, 2013.

. Sommerville, I. (2011). SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition. Massachusetts: AddisonWesley.

a.b]. Haviluddin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)". Jurnal Informatika Mulawarman. Vol 6 No1. 2011.

. Artina Nyimas, "Penerapan Analisis Kebutuhan Metode Use Case pada Metode Pengembangan Terstruktur", @Igoritma Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP, Vol 2 No 3, 2006.

. Booch G., Maksimchuk RA, Engle MW, Young BJ, Conallen Jimm, Houston KA., 2005, Object-Oriented Analysis And Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, United States.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dini Hari Pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.