ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DAN BEBAN KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN RAYA METRO-TANJUNGKARI


Abstract


Kerusakan jalan yang terjadi di penjuruh daerah di Indonesia menjadi masalah yang sangat komplek, solusi dan cara penanganan yang kurang tepat menjadikan perawatan jalan cara singkat yang terkesan kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab kerusakan jalan,factor penyebab serta solusi untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Metode yang di gunakan yaitu analisa lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan pada Ruas Jalan Raya Metro Tanjungkari yang mengalami kerusakan yang sangat berat.

Penelitian ini menggunakan sempel tanah dari lokasi penelitian, dengan pengambilan sempel tanah menggunakan alat boor tangan (Hend Boor Test) untuk selanjutnya di lakukan pengujian tanah, pada hasil pengujian tanah menggunakan metode CBR (california bearing ratio) di dapatkan nilai CBR rata-rata sebesar 3,31% kurang dari standar tanah dasar yaitu 6% dan hasil survey lalu lintas di ruas jalan raya Metro Tanjungkari, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung yang di lakukan di dapatkan hasil peningkatan pertumbuhan kendaraan sebesar 39,89% di dapatkan lalu lintas kendaraan berat tertinggi sebesar 399 kendaraan, melebihi untuk jalan Arteri kelas IIIA. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa untuk menangani masalah tersebut yaitu dengan melakukan perbaikan lapisan tanah dasar (subgrade) atau sebaiknya menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement)

Keywords


Daya Dukung Tanah, Beban Kendaraan, Kerusakan Jalan

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tp.v9i2.1201

DOI (Untitled): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v9i2.1201.g812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.