EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE DI BANDARA RADEN INTAN II LAMPUNG

Gustaf Gautama

Abstract


Untuk saat ini kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua yang dioperasionalkan sebagai moda transportasi yang pemesanannya dilakukan dengan aplikasi secara online dan bertujuan untuk mempermudah akses pengguna. Transportasi online memiliki banyak kelebihan seperti pemesanan dengan tarif yang relatif lebih murah, waktu perjalanan yang singkat dan langsung menuju ke lokasi tujuan melalui aplikasi. 

Transportasi online juga menimbulkan berbagai dampak negatif, salah satunya adalah kerusuhan antara transportasi online Sehingga membuat masyarakat mempunyai pilihan moda mana yang paling tepat digunakan dalam mendukung aktivitasnya.

Penggunaan perhitungan penelitian dengan aplikasi SPSS diperoleh nilai sig <0,05 dan nilai F hitung sebesar 168,972 lebih besar dari Ftabel 1,97. Dan dapat disimpulkan bahwa komponen faktor pemilihan moda berpengaruh nyata terhadap moda transportasi online yang digunakan sehingga model dapat digunakan secara dinamis.

Didapat hasil uji regresi diperoleh nilai T hitung > T tabel yaitu 8,823 > 0,519 dan nilai sig (0.00) < 0,05 yang berarti bahwa variable bebas (X) berpengaruh terhadap variable terikat (Y). Hal ini membuktikan bahwa komponen faktor pemilihan moda berpengaruh terhadap moda transportasi yang dipilih oleh pengguna. Faktor pemilihan moda transportasi online baik Go-jek maupun Grab menjadi tolak ukur bagi pengguna moda untuk menentukan moda yang dipilih menuju Bandara Raden Intan II Lampung.

Keywords


Transportasi Online, Bandara, SPSS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tp.v10i1.1319

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v10i1.1319.g894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.