ANALISA KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DITINJAU DARI DAYA DUKUNG TANAH DAN VOLUME LALU LINTAS (Studi Kasus : Ruas Jalan Metro – Tanjung Kari di Kecamatan Sekampung Lampung Timur STA 10+600 s/d 11+600)

Ida Hadijah, Dian Nafi Surya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan, faktor penyebabnya serta solusi untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan pada ruas Jalan Tanjung Kari – Metro adalah berlubang (rusak berat).
Penelitian ini mengunakan sampel tanah dari lapangan dengan menggunakan alat Hand Bore Test (Bor Tangan) untuk mengambil tanah dan hasil survei Lalu Lintas di Ruas Jalan Tanjung Kari – Metro, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur yang dilakukan pada tanggal 6 April 2017 sampai 26 April 2017.
Berdasarkan hasil dari penelitian menyebutkan pada Ruas Jalan Tanjung Kari-Metro, kondisi jalan dalam kondisi rusak berat, pada hasil pengujian CBR (California Bearing Ratio) didapai nilai sebesar 3,77%, peningkatan pertumbuhan kendaraan sebesar 20,77% , diambil hari Senin 6 April 2017 dihari sibuk dengan total kendaran berat sebesar 315 kendaraan, melebihi standar untuk jalan Kolektor. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara atau metode yang dipergunakan memperbaiki kualitas tanah dasar (Subgrade) atau sebaiknya menggunakan konstruksi perkerasan kaku (Rigid Pavegment).
Kata kunci: Perkerasan Jalan, CBR, Volume Lalu Lintas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tp.v7i1.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN : 2548-6209 (Electronic)

ISSN : 2089-2098 (Print)