STRESS ANALYSIS PISTON SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2015

Asroni Asroni, Dwi Irawan

Abstract


Modifikasi adalah cara merubah bentuk suatu benda atau barang dari bentuk awal
dengan bentuk selanjutnya yang berbeda agar berbeda tanpa menghilangkan fungsi asli dari
benda atau barang tersebut. Objek yang sering digunakan biasanya sepeda motor, sebagai
contoh modifikasi ruang bakar. Melihat kondisi di lapangan seringkali pada saat modifikasi
tidak menghiraukan atau tidak mengetahui bagaimana kerusakan akibat dari hasil modifikasi
ruang bakar tersebut. Akibatnya kerusakan pada ruang bakar sering terjadi seperti rusaknya
piston akibat thermal ataupun tekanan yang berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh modifikasi ruang bakar terhadap tegangan, regangan, dan deformasi
pada piston. Penelitian ini menggunakan metode simulasi, dengan jenis sepeda motor merk
Honda tipe Revo 100cc tahun 2008, dengan cara mengikis pada head cylinder. Nilai
pengikisan tidak dikikis (standard); 0,1; 0,2; 0,3; 0,4 dan 0,5 mm. Hasil penelitian ini
mengakibatkan perubahan nilai kompresi di tiap ukuran pengikisannya dan akibat dari
pengikisan tersebut yaitu: 147 Psi dengan nilai tegangan 633,64 Mpa, regangan 0,00573415
ul, deformasi 0,0228577 mm. 156 Psi dengan nilai tegangan 672,434 Mpa, regangan
0,00608522 ul, deformasi 0,0242572 mm. 167 Psi, dengan nilai tegangan 719,849 Mpa,
regangan 0,0065143 ul, deformasi 0,025976 mm. 177 Psi, dengan nilai tegangan 762,954
Mpa, regangan 0,00690438 ul, deformasi 0,0275228 mm. 186 Psi, dengan nilai tegangan
801,748 Mpa, regangan 0,00725545 ul, deformasi 0,028922 mm. 192 Psi, dengan nilai
tegangan 827,611 Mpa, regangan 0,0079895 ul, deformasi 0,029855 mm..
Kata kunci: Piston, Motor Bakar, Simulasi, Autodesk Inventor 2015, Modifikasi Ruang
Bakar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v6i1.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.