DESAIN DAN OPTIMISASI SISTEM SUSPENSI PEGAS DAUN PADA KENDARAAN RODA 3 DENGAN MENGGUNAKAN CATIA V5

Lukman Lukman, Agus Dwi Anggono, Sarjito Sarjito

Abstract


Pengurangan berat bahan pada komponen kendaraan merupakan salah satu isu yang ada di dunia industri otomotif. Suspensi pegas daun merupakan salah satu item potensial untuk menurunkan berat kendaraan karena menyumbang 10% - 20% dari berat unsprung weight. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan optimisasi desain pegas daun dan analisa statik pegas daun pada kendaraan roda 3. Optimisasi desain dilakukan dengan Design of Experiment (DOE) pada pegas daun Original dengan tiga variasi desain masing-masing yaitu modifikasi 1, modifikasi 2 dan modifikasi 3. Modifikasi 1 dilakukan dengan pengubahan desain tanpa menggunakan alur/slot, Modifikasi 2 dilakukan dengan pengubahan desain dengan menggunakan 3 alur/slot , dan Modifikasi 3 dilakukan dengan pengubahan desain dengan menggunakan 1 alur/slot. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep reverse engineering yang diawali dengan mengumpulkan data-data geometri pegas daun pada kendaraan roda 3. Data-data tersebut dipakai sebagai acuan dalam mendesain komponen mengunakan software CATIA V5. Assembly komponen menjadi kesatuan dilakukan setelah semua bagian sistem pegas daun selesai digambar. Setelah gambar desain dihasilkan pada CATIA V5 tersebut, dilakukan analisa tegangan Von Mises dan displacement yang terjadi pada 3 variasi mesh dan variasi beban 2550 N, 2648 N, 2746 N, 2844 N, 2942 N, 3040 N, 3138 N, 3236 N, 3334 N, dan 3432 N. Hasil analisis tegangan Von Mises dan displacement pada 3 modifikasi pegas daun dengan variasi 3 mesh dapat disimpulkan bahwa perbandingan antara tegangan von mises dan variasi beban adalah linier yaitu semakin berat beban maka tegangan von mises akan semakin besar dan semakin banyak elemen maka tegangannya juga semakin besar. Pada 3 modifikasi pegas daun yang telah dibuat bahwa pegas dengan tanpa alur pada modifikasi 1 memiliki tegangan von mises paling tinggi dibandingkan dengan pegas daun yang dibuat beralur/slot. Dan pegas daun modifikasi 3 yang menggunakan 1 alur/slot menghasilkan tegangan von mises dan displacement yang lebih rendah dari modifikasi 1. Pegas daun modifikasi 2 yang menggunakan 3 alur/slot menghasilkan tegangan von mises dan displacement yang lebih rendah dari modifikasi 3.

Keywords: Pegas Daun, Metode Elemen Hingga, Simulasi, Analisa Statik, Von Mises, CATIA


Full Text:

PDF

References


N. Mamaeva, “M odelling o f Coated Tilted Fiber Bragg Gratings,” vol. 4, no. 3, 2012.

Z. Y. Xue Ka and H. Zhigao, “Finite element analysis of composite leaf spring,” 6th Int. Conf. Comput. Sci. Educ. (ICCSE 2011), no. Iccse, pp. 316–319, 2011.

N. P. Dhoshi, N. K. Ingole, and U. D. Gulhane, “Analysis and modification of leaf spring of tractor trailer using analytical and finite element method,” Int. J. Mod. Eng. Res., vol. 1, no. 2, pp. 719–722, 2011.

M. P. T. M. S. A. K. J. Narendra Yadav1, “Material Optimization of Leaf Spring of Tractor Trolley by FEA,” Ijmer, vol. 4, no. 4, pp. 40–44, 2014.

B. Parkhe, Ravindra; and Sanjay, “Performance Analysis of Carbon Fiber with Epoxy Resin Based Composite Leaf,” vol. 4, no. 2, pp. 536–541, 2014.

S. Nutalapati and A. Pradesh, “Design and Analysis of Leaf Spring By Using Composite Material for,” vol. 6, no. 12, pp. 36–59, 2015.

Y. G. Nadargi, D. R. Gaikwad, and U. D. Sulakhe, “a Performance Evaluation of Leaf Spring Replacing With Composite Leaf Spring,” no. 2231, pp. 65–68, 2012.

G. Shankar and S. Vijayarangan, “Mono Composite Leaf Spring for Light Weight Vehicle–Design, End Joint Analysis and Testing,” Mater. Sci., vol. 12, no. 3, pp. 220–225, 2006.

Y. Sharma, “Comparison of Performance of Multi Leaf Springs of Automobile after Changing Its Cross Section,” vol. 3, no. 6, pp. 121–127, 2015.

S. . Yede and M. . Sheikh, “Modeling and finite element analysis of smart materials,” Int. J. Comput. Appl., vol. 0975–8887, pp. 24–26, 2006.

Narendra Yadav, “Optimization of Multi Leaf Spring by using Design of Experiments & Simulated Annealing Algorithm,” Ijmer, vol. 4, no. 12, pp. 40–44, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v7i1.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar
Dimensions
   
 
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
ISSN (online) : 2477-250X
ISSN (cetak)  : 2301-6663
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) 
E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, 
 

 

slot online