EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT DI KELAS VII A MTSN 1 LAMPUNG TIMUR

fatmah fatmah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektifitas dari penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ibadah shalat di  kelas VII A MTSN I lampung timur tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto terdiri dari, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) siklus, yang mana masing-masing siklus mempunyai 3 (tiga) kali pertemuan.

Berdasarkan hasil data penelitian yang berhasil dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa dalam melaksanakan ibadah shalat dengan gerakan dan bacaan yang tepat dalam shalat. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 52% dan siklus II sebesar 80%.


Keywords


Metode Demonstrasi, Pembelajaran Ibadah Shalat.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2009). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Cet. II; Bandung: CV. Yrama Widya.

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Ciputat Pers.

Arikunto, S. (2007). Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.

Daradjat, Z. (2016). Metodik khusus pengajaran agama Islam.

Departemen Agama, R. I. (2005). al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro.

Fatoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan teknik penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ferista, K. M. (2011). Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kedisplinan beribadah sholat siswa: studi kasus di SMP Muhammadiyah 24 Sambeng Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, cet. 3. Jakarta: Rineka Cipta.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v4i01.1227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.