PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE GAME PADA RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 LAMPUNG TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menilai bagaimana pembelajaran partisipatif berbasis permainan (game) diterapkan di MAN 1 Lampung Tengah dan untuk mendemonstrasikan bagaimana metode ini dapat membantu siswa mempertahankan prestasi belajar. Menggabungkan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan deskriptif menghasilkan jenis penelitian ini. Teori penguasaan belajar siswa, teori metode permainan siswa, dan teori pembelajaran partisipatif juga tergabung di sini. Hasil menunjukkan : 1) Pembelajaran partisipatif melalui teknik permainan, seperti yang diterapkan dalam model Team's Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan pembelajaran jika dipasangkan dengan pembelajaran terencana dan terbimbing melalui penguasaan lesson study. 2) Penggunaan kegiatan kooperatif. Ada beberapa bukti bahwa menggabungkan pembelajaran kooperatif gaya turnamen dengan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan tingkat penguasaan siswa dan kualitas pembelajaran mereka. Tingkat penyelesaian untuk siswa yang mempelajari mata pelajaran klasik menunjukkan hal ini, turun antara 53,8% dan 96,2% ketika siswa diberikan lingkungan belajar terstruktur yang menggabungkan pembelajaran berbasis permainan dan metodologi pembelajaran interaktif. Salah satu penjelasan yang mungkin untuk peningkatan ini adalah semakin populernya pembelajaran partisipasi berbasis permainan (TGT), yang telah terbukti meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, menyederhanakan pemahaman materi, dan memfasilitasi perolehan pengetahuan sebanyak mungkin.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.