INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Firdiansyah Firdiansyah, Titi Hendrawati

Abstract


Penelitian ini menjelaskan konsep internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui model problem base learning. Moderasi sangat penting diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari untuk menjunjung tinggi persatuan, kemaslahatan, kebaikan dan perdamaian dunia. Salah satu upaya dalam membentuk moderasi beragama dapat diaplikasikan melalui pendidikan yakni memasukan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan metode analisis data model interactive. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, respoden peneltian ini sebanyak 6 Guru PAI dan 12 Siswa SMA Negeri dari dua sekolah yang berbeda (SMA Negeri 1 Cikarang Utara dan SMA Negeri 1 Cikarang Pusat). Tahapan model PBL yang dilaksanakan guru PAI meliputi lima langkah yaitu memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada siswa, pengorganisasian siswa, pembimbingan penyelidikan individual atau kelompok, pengembangan dan penyajian hasil karya, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah autentik. Kami menemukan bahwa internalisasi nilai-nilai pembelajaran PAI melalui Model PBL dilakukan dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. internalisasi nilai-nilai pembelajaran PAI melalui Model PBL mampu menginternaisasi nilai-nilai moderasi beragama. Nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran PAI SMA meliputi unsur komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.


Keywords


Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi dan Pembelajaran PAI.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.2973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.