PENGOLAHAN DATA PEMBAYARAN SPP PADA SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA METRO
Abstract
Keadaan Tekhnologi pada SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro saat ini masih banyak mengalami kendala, salah satunya yaitu dalam proses pengolahan data pembayaran SPP siswa. Dalam pembayaran SPP siswa yang terjadi pada saat ini adalah masih dilakukannya proses manual yaitu dengan cara siswa memberikan kartu SPP ke petugas SPP, setelah itu maka petugas SPP akan mulai memproses pembayaran secara manual, pertama petugas SPP akan mencatat data pembayaran SPP siswa dalam buku besar, setelah dicatat maka petugas menandatangani kartu SPP siswa untuk bukti bahwa siswa tersebut telah melakukan pembayaran. Sehingga setelah proses selesai kartu SPP dikembalikan kepada siswa. Selain pada itu untuk mengetahui bahwa siswa memilik tunggakan atau tidak, maka petugas SPP perlu melakukan beberapa hal yaitu menyerahkan dokumen buku besar pembayaran SPP siswa kepada bendahara dengan tujuan bendahara tersebut dapat merekapitulasi data pembayaran SPP siswa sekaligus mengecek ulang data pembayaran SPP siswa tersebut, sehingga apabila terdapat siswa yang memiliki tunggakan maka akan diketahui, setelah diketahui siswa memiliki tunggakan, siswa akan diberi surat panggilan yang akan ditujukan terhadap orang tua dengan maksut dan tujuan melakukan perjanjian perihal tunggakan pembayaran SPP siswa yang bersangkutan.
Hasil penelitian menggunakan metode berupa pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk merancang pengolahan data pembayaran SPP siswa menggunakan Borland Delphi 7 dan database MySQL. Tahapan yang harus dilalui dalam merancang Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Pembayaran SPP Pada SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Metro digunakannya diagram konteks, Data Flow Diagram Level 0, Entity Relationship Diagram, dan Flowchart sebagai aliran informasi dan aliran data sistem aplikasi.
Full Text:
61 - 69 PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.