PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Juhri AM, Hadi Pranoto, Afdal Hanif Pamungkas

Abstract


Abstrak

Perilaku agresif akan berkurang jika orang tua mampu mendidik anak dengan baik orang tua sangat berperan penting dalam proses pembentukan kepribadian anak agar anak nantinya memiliki akhlak budi pekerti yang baik. Pola asuh hendaknya dilakukan dengan positif supaya setiap individu dapat memahami dirinya dengan baik, orang tua sebagai pendidik dalam keluarga harus memberikan contoh yang baik agar nantinya anak dapat menirukan akhlak yang baik sebagaimana yang telah orang tua ajarkan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif peserta didik SMP Negri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini mengkaji pengaruh Variabel X terhadap Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik sampling menggunakan cara Proposional Random Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 60 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan analisis penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung sebesar 19,604 ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,673 maka thitung > ttabe. Sehingga dapat disimpulan terdapat pengharuh pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif peserta didik SMP Negri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan paparan di atas maka dapat disimpulkan apabila pola asuh orang tua ditingkatkan maka akan mengurangi perilaku agresif peserta didik.

AbstractAggressive behavior will decrease if parents are able to educate children well parents are very important in the process of forming a child's personality so that the child will have good character. Parenting should be done positively so that each individual can understand himself well, parents as educators in the family must provide a good example so that later children can imitate good morals as parents have taught, the purpose of this study is to determine the effect of parenting parents to the aggressive behavior of the 3 nd National Middle School students in Metro 2018/2019.The study design used a quantitative research design with a survey approach. This study examines the effect of Variable X on Y. The population in this study were all students of class VIII. The sampling technique uses Proportional Random Sampling. The sample used was 60 students. The research instrument used a questionnaire (questionnaire). The data analysis technique uses the t-test. Based on the calculation of research analysis that has been done using the t-test formula obtained tcount of 19.604 t table with a significance level of 5% that is equal to 1.673 then tcount> ttabe. So that it can be concluded that there is the effect of parenting parents on the aggressive behavior of the 3Rd National Middle School students in the academic year 2018/2019. Based on the above explanation, it can be concluded that if parental care is improved, it will reduce the aggressive behavior of students.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Agresif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. (2015). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Gunarsa, S. D dan Yulia, S. D. G. (2013). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kartono, K.. (2014). Patologi Sosial. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyono, A. (2014). Pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Martono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.