KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Juhri AM, Agus Wibowo

Abstract


Abstrak

Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukansecara bersama- sama dan melibatkan beberapa orang dalam pembagian tugas untuk mengerjakan pekerjaan demi tercapai tujuan secara bersama. Program bimbingan dan konseling merupakan keseluruhan rencana atau rangkaian yang disusun dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik yang dilaksanakan pada periode tertentu. kerjasama dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ini penting sekali agar lebih mudah mencapai keberhasilan. Penelitian ini difokuskan pada kerjasama guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling (studi kasus di SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah) tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan program layanan bimbingan dan konseling, pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling, dan pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling dalam melakukan kerjasama dengan personil sekolah.Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subyek yang digunakan adalah guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Seputih Agung. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Agung. Data dalam peneliti diperoleh melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dapat dilakukan dengan cara triangulasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kerjasama guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling (studi kasus di SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah) sudah maksimal. Kerjasama guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling melakukan beberapa tahap dalam penyusunan program bimbingan dan konseling dan guru bimbingan dan konseling sudah bekerjasama dengan personil sekolah yaitu wali kelas.

Abstract

 

Cooperation is an activity carried out jointly and involves several people in the division of tasks to do work to achieve common goals. Guidance and counseling programs are whole plans or series that are prepared with attention to the needs of students carried out in a certain period. Cooperation in the implementation of guidance and counseling services is very important to more easily achieve success. This research is focused on the cooperation of guidance and counseling teachers in the implementation of guidance and counseling service programs (case studies in SMAN 01 Seputih Agung) 2019/2020 academic year.Then the purpose of this research is to find out how to plan the guidance and counseling service program, the implementation of the guidance and counseling service program, and the implementation of the guidance and counseling service program in collaborating with school personnel. The research design used was descriptive qualitative. With the case study method.The subjects used were the guidance and counseling teacher at SMA Negeri 1 Seputih Agung. The study was conducted at SMAN 01 Seputih Agung. Data in the researchers obtained through interviews and observations. Data analysis uses data collection, data reduction, data presentation, and concluding. Data validity testing can be done by triangulation.The results of the study concluded that the cooperation of guidance and counseling teachers in the implementation of guidance and counseling service programs (case studies at SMAN01 Seputih Agung) was maximized. Cooperation of guidance and counseling teachers in the implementation of guidance and counseling programs carried out in several stages in the preparation of guidance and counseling programs and teachers guidance and counseling has been working with school personnel, namely the homeroom teacher.


Keywords


Kerjasama guru bimbingan dan konseling, Pelaksanaan program bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF

References


Novitasari, Y. (2016). Bimbingan dan Konseling Belajar (Akademik). Bandung: Alfabeta

Soetjipto, K, dan Raflis. (2000). Profesi Keguruan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sukardi Dan Kusumawati, Desak PE Nila. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.