EMANSIPASI GURU LAKI-LAKI TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA METRO (PERSPEKTIF STAKEHOLDER)
Abstract
Penelitian ini disebabkan karena keingintahuan untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi selama ini pada pendidikan anak usia dini, salah satunya adalah untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi bahwa guru atau tenaga pendidik PAUD yang banyak didominasi oleh guru perempuan daripada guru laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah tanggapan dan pemahaman dari stakeholder (orang tua, guru dan kepala sekolah) terhadap guru laki-laki di PAUD kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study), dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam masyarakat patriarki, laki laki di posisikan sebagai superioritas. Dimana anggapan bahwa laki-laki adalah sosok yang harus dihormati, disegani, dan lebih kuat di berbagai sektor dari pada perempuan, dan hanya perempuan saja yang cocok untuk mendidik anak usia dini .Kemudian kesetaraan gender juga di pengaruhi oleh pendidikan yang orangtua terima ketika masih menjadi anak-anak, sehingga keluarga, sekolah dan masyarakat yang tersosialisasikan secara turun temurun dari generasi ke generasi
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1549
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.