PENGGUNAAN BIBO APPLICATION UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan penggunaan aplikasi BIBO terhadap penguasaan kosakata anak berkebutuhan khusus di SLB Wiyata Dharma Metro. Aplikasi BIBO adalah rekaman digital dari suatu gambar, objek dan suara yang bergerak melintas ke dalam atau keluar dari layar, aplikasi BIBO juga tampilan cepat dari urutan gambar yang menciptakan ilusi ger akan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen. Subyek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus di SLB Wiyata Dharma Metro tahun ajaran 2021. Jumlah siswa kelas 8 C atau kelas tunagrahita sebanyak 5 siswa. Untuk mengumpulkan data Penelitian ini menggunakan pretest-posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai gain score yang diperoleh (0,76) lebih tinggi dari gain score tabel (0,70). Kemudian, hasil analisis data menunjukkan nilai t yang diperoleh (3,70) lebih tinggi dari t tabel (2,77) pada taraf signifikansi 0,05 dan signifikansi (0,020), dan lebih rendah dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan penggunaan Aplikasi BIBO dalam penguasaan kosakata siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aridha, A. Y. (2018). The use of animation video in improving vocabulary of the Second Grade Student of SMP Negeri 6 Watampone. 65(1).
Downing, A. and Locke, P. (2006). English Grammar A University Course Second Edition. In USA: Routledge.
Huyen, T. & T. T. N. 2003. (2013). No. In Rouhani & Purgharib.
Michael Molenda Sharon E. Smaldino, James D. Russell, Robert Heinich. (2005). Introductional Technology and Media for Learning,. (Amazon, U.S: Pearson Education.
Muniandy, B., & Veloo, S. (2011). Views of Pre service Teachers in Utilizing Online Video Clips for Teaching English Language. International Journal of Social Science and Humanity, 224–228. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.39
Pierce. (2013). Designing and conducting quantitative research studies. 131–150. https://search.proquest.com/openview/058c84ecfd436cf965eacb1556000ab0/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2042228
Richards, J. C. & Renandya, W. A. (2000). Methodology in language Teaching. Cambridge. Cambridge University Press.
Suchyadi, Y., Ambarsari, Y., & Sukmanasa, E. (2018). Analysis of Social Interaction of Mentally Retarded Children. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 2(2), 17–21. https://doi.org/10.33751/jhss.v2i2.903
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD (24th ed.). Alfabeta.
Sulastri, N. (2011). The effectiveness of picture chart media on students’ English vocabulary (Vols. 103–110).
Wah, S. C. (2011). Psycho Educational Assessment & Placement of Students with Special Education Needs. Singapore.
Watson Roger. (2015). Quantitative research. Nursing Standard. Journal of Advanced Nursing, 29.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v7i2.2394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fenny Thresia, Amirudin Latif
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.