TANTANGAN DAN FENOMENA DALAM PERUBAHAN PEMBELAJARAN DALAM KELAS MENJADI DARING
Abstract
Pembelajaran daring adalah fenomena baru pada program sarjana reguler di institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian ini adalah studi deskriptif-eksplorasi yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana perguruan tinggi di Indonesia memahami fenomena pembelajaran daring. Selama pandemi, metode pembelajaran daring digunakan oleh perguruan tinggi dan sebuah tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa. Wawancara daring dilakukan menggunakan teknik pertanyaan terbuka dan teknik pertanyaan tertutup dengan 40 mahasiswa dari tiga universitas berbeda di Indonesia. Kuesioner dikirim melalui whatsapp grup ke mahasiswa jurusan pendidikan dan 40 partisipan menjawab. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan mengategorikan tema yang muncul yang sesuai menggunakan metode pengkodean. Kuesioner juga memiliki Pertanyaan skala Likert karena berguna untuk mengukur konstruksi laten. Bandwidth yang tidak memadai dan konektivitas jaringan yang buruk ditemukan menjadi kendala utama selama pembelajaran daring. Tantangan lainnya adalah lingkungan rumah yang tidak cocok untuk mengikuti kelas daring, perasaan terisolasi dan demotivasi karena kurangnya interaksi tatap muka dan waktu layar yang berlebihan menyebabkan kelelahan. Metode daring aktif seperti kuliah langsung diskusi yang difasilitasi langsung oleh dosen paling disukai sedangkan metode pembelajaran pasif seperti menyimak video pembelajaran paling tidak disukai. Tingkat kepuasan dari interaksi mahasiswa-dosen lebih baik daripada interaksi daring mahasiswa-mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, N. S. S., & Abd Majid, Z. (2022). Kebolehpasaran Modal Insan Lepasan Institusi Pengajian Tinggi di Malaysia: Isu dan Strategi. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(8), e001615–e001615.
Birmingham, P., & Wilkinson, D. (2003). Using research instruments: A guide for researchers. Routledge.
Callo, E., & Yazon, A. (2020). Exploring the factors influencing the readiness of faculty and students on online teaching and learning as an alternative delivery mode for the new normal. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3318–3509.
Chen, K., Lou, V. W. Q., & Lo, S. S. C. (2021). Exploring the acceptance of tablets usage for cognitive training among older people with cognitive impairments: A mixed-methods study. Applied Ergonomics, 93, 103381.
Cojocariu, V.-M., Lazar, I., Nedeff, V., & Lazar, G. (2014). SWOT anlysis of e-learning educational services from the perspective of their beneficiaries. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 1999–2003.
Fajrillah, F., Sulaiman, O. K., Abi Hamid, M., Simanihuruk, L., Simarmata, J., Hasibuan, M. S., Hasibuan, A., Purnomo, A., Muttaqin, M., & Guci, D. A. (2020). MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113–123.
Huck, C., & Zhang, J. (2021). Effects of the COVID-19 Pandemic on K-12 Education: A Systematic Literature Review. New Waves-Educational Research and Development Journal, 24(1), 53–84.
Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and challenges for teaching successful online courses in higher education: A literature review. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29.
Keeton, M. T. (2004). Best online instructional practices: Report of phase I of an ongoing study. Journal of Asynchronous Learning Networks, 8(2), 75–100.
KHOLID, K. (2020). Pentingnya Literasi Digital bagi Guru pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1).
Li, C., & Lalani, F. (2020). The COVID-19 Pandemic has Changed Education Forever. World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2020/04/coronavirus-education-global-covid19-online-digital-learning/
Martin, F., Budhrani, K., & Wang, C. (2019). Examining faculty perception of their readiness to teach online. Online Learning, 23(3), 97–119.
McBrien, J. L., Cheng, R., & Jones, P. (2009). Virtual spaces: Employing a synchronous online classroom to facilitate student engagement in online learning. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 10(3).
Meditamar, M. O., Sujadi, E., Putra, E., & Wisnarni, W. (2022). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru untuk Menyelenggarakan Proses Pembelajaran Online. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 18–25.
Naah, A. M. (2020). Pre-service teachers’ perception of online teaching and learning during the COVID–19 era. International Journal of Scientific Research and Management, 8(10), 1649–1662.
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online education: Worldwide status, challenges, trends, and implications. In Journal of Global Information Technology Management (Vol. 21, Issue 4, pp. 233–241). Taylor & Francis.
Pan, Q., Reichert, F., de la Torre, J., & Law, N. (2022). Measuring Digital Literacy during the COVID‐19 Pandemic: Experiences with Remote Assessment in Hong Kong. Educational Measurement: Issues and Practice, 41(1), 46–50.
Panol, R. F., Caballes, D. G., & Vasquez, A. G. (2021). Teachers’ Readiness Level on Online Teaching: Embracing Distance Learning Modality.
Partlow, K. M., & Gibbs, W. J. (2003). Indicators of constructivist principles in Internet-based courses. Journal of Computing in Higher Education, 14(2), 68–97.
Rao, N., Chan, S. W. Y., Wang, R., Lee, D., Ng, R. Y. T., Becher, Y., Lau, C., Sun, J., Ho, F. K., & Ip, P. (2022). The Hong Kong Early Child Development Scale-3: A Validation Study. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 16(2), 1–23.
Rizqi, M. A., & Himawan, A. F. I. (2022). TRANFORMASI DIGITAL DAN PENINGKATAN KAPASITAS UKM DI MAJELIS EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAN MUHAMMADIYAH. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 14–26.
Safwan, S., & Rahmah, S. (2021). Analisis Model Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pembelajaran Berbasis Online. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 141–150.
Sari, M., & Asmendri, A. (2019). Analisis Model-model Blended Learning di Lembaga Pendidikan. NATURAL SCIENCE: Jurnal Pendidikan IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 835–847.
Sumpadang, N. A. J. (2022). ALTERNATIF MODEL TRANSFORMASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. AL Fikrah: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 112–121.
Syech, M. H. H. (2022). Efektifitas Pendidikan Jarak Jauh di Lembaga Pendidikan Islam. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4613–4620.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v7i2.2414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Musaljon Musaljon, Dadan Samsul Badar, Asep Saefullah Kamali
View My Stats
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.