EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN MATERI GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10.
Ardiansyah, D. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Atika, N., Nurhidayati,S.,& Marzuki, I. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP N 04 Kopang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 10 (1).
Oviana , Wati dan Maulidar. 2013. Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Materi Sifat Bahan Dan Kegunaannya Terhadap Hasil Dan Respon Belajar Siswa Kelas IV Min Tungkob Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2013 VOL. XIII, NO. 2, 336-350.
Rukinem, R. 2018. Penggunaan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya di Kelas V SDN 07 Silaut Kecamatan Silaut. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 34.
Sayekti, I.C. 2016. Pembelajaran IPA Menggunakan Penididikan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta, 4(1): 9.
Susdamayanti, Rini. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Badung 3 Bangkalan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2): 100-110.
Sutarto dan Indrawati. 2013. Strategi Belajar Mengajar Sains. UPT Penerbitan UNEJ. Jember.
Wibowo, A., & Budi, Gunarjo S. 2019. Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Zat dan Karakteristik di Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Sains. Universitas Palangka Raya, 1(2): 32-38.
Wendraningrum, D., N.K.T. Martuti, & A. Marianti. 2014. Penerapan Pendekatan SAVI Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 3(1): 44-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dyah Ayu Roudhotul Jannah, Maria Ulfah, Eko Retno Mulyaningrum, Sudaryati Sudaryati
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.