

ANALISIS PROSES PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA TAMAN KANAK-KANAK: STUDI LITERATURE REVIEW
Abstract
Keywords
References
Ahmad, D. (2020). Manajemen strategis.
Aini, L. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Hambatan Belajar Membaca Pada Kelas B di Taman Kanak-Kanak (TK) AlQuran Wahdatul Ummah Metro Timur.
Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 5(1), 119126.
Anggraini, E., & Nasriah, M. . (2023). erencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Anwar, M. . (2022). . Biaya pendidikan yang tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat yang ada di suatu daerah akan akan berpengaruh pada kualitas pendidikan yang diterima oleh anak. Foundasia, 13(1), 115.
Darwati, D. (2021). Pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam Materi Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Se Kawedanan Ajibarang Kabupaten Banyumas.
Darwisyah, Rosadi, K. I., & Ali, H. (2021). Berfikir Kesisteman dalam Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 225237.
Dewi, P. ., & Primayana, K. . (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 1926.
Dzulfikar, L. T. (2020). Manajemen sekolah adalah kunci sukses siswa, tapi kualitas kepala sekolah di Indonesia meragukan. The Conversation.
Eriyani, E., & Yolanda, A. . (2022). Analisis Angka Partisipasi PAUD Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Provinsi Riau. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 116.
Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Development Goals. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Gemnafle, M., & Batlolona, J. . (2021). Manajemen pembelajaran. Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 2842.
Hadiati, E., & Fidrayani, F. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jurnal Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 6978.
Haqqi, Y. A., & Yafie, E. (2019). Developing Teaching Materials in Early Childhood ICT based Learning Course based on E-Learning. On Early Childhood Development(Icecd), 40.
Harahap. (2020). Pelaksanaan Penilaian Di Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Medan Perjuangan.
Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 3546.
Ilyasin, M. (2019). Manajemen Peserta Didik dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter di Satuan Pendidikan. Fenomena, 11(1), 6979.
Jumono, A., & Hayati, R. (2021). Implementasi Program Bantuan Operasional Pendidikan Dilihat Dari Aspek Struktur Birokrasi Di Taman Kanak-Kanak Ar Rohman Pembataan Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. JAPB, 4(2), 676693.
Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(138147). https://www.neliti.com/publications/338012/implementasi-perencanaan-pendidikan-dalam-lembaga-pendidikan-islam
KEMENPPA. (2019). Profil Anak Indonesia 2019.
Khaer, A. (2022). Perencaan Pendidikan: Problematika, Peranan Dan Fungsi Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 4863.
Khairunnisa, E. . (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung.
Komariyah, K., Murniati, N. A. N., & Egar, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2).
Kusumawati, E. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Taman Kanak-Kanak. Edunity: Social and Educational Studies, 1(04), 207222.
Lukihardianti, A. (2017). 52 Persen Guru PAUD Belum Sarjana. Republika.
Mahardika, & Buana, A. . (2022). Pengelolaan Kelas Efektif dalam Perspektif Psikologi Perkembangan. IJIGAEd: Indonesian Journal of Golden Age Education, 2(2), 2132.
Makdori, Y. (2021). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Liputan6.
Marcia, A. (2022). Evaluasi Implementasi Kebijakan Sistem Belajar Daring Dan Luring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak.
Mashunah, D., Hostin, H., Mashunah, H., Rahayu, S., & Zakiyah, A. H. (2021). PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 203212.
Matin. (2021). The Influence of Planning, Reporting, Standard Operating Procedure on University Education Costs Management Accountability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 927933.
Mayasari, N., Arifin, M. M., Dumiyati, P., & Suyitno, M. (2022). Perencanaan Pendidikan.
Minanews. (2022). Nadiem: Tahun 2021 Sekitar 19.000 Desa Belum Memiliki Satuan PAUD. Minanews.
Mubin, F. (2020). Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan.
Mustangin. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 19.
Nopriansyah, U., Wulandari, H., & Pangastuti, R. (2020). Pengembangan aplikasi kesehatan berbasis mobile untuk pemantauan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) anak usia 4-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 98111.
Nursarofah. (2022). Meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 3851.
Pancawati, D. (2021). Guru, antara Kuantitas, Pemerataan, dan Kompetensi.
Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).
Putri, F. D. D. ., & Kalstum, H. . (2022). The Principals Leadership Role in Implementation of the Independent Curriculum in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).
Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 1017.
Rindiani, A., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Taman Kanak-Kanak Kuncup Kartika Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(1), 7599.
Rizka, A. D. . (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 13811390.
Sarah, N. (2021). Bikin Pusing, 3 Masalah Pendanaan Pendidikan Ini Paling Sering Dialami. Detikedu.
Situmeang, R., Pohan, S., & Lubis, R. H. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Taman Kanak Kanak Kalam Kudus Sibolga 2022/2023. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180190.
Soekamto, H., & Handoyo, B. (2022). Perencanaan pembelajaran geografi (Dilengkapi Kurikulum Merdeka). Bayfa Cendekia Indonesia.
Statistik, B. P. (2022). Statistik Pendidikan 2022.
Sudipa, I. G. ., Rahman, R., Fauzi, M., & Pongpalilu, S. (2023). Penerapan Sistem Informasi Di Berbagai Bidang.
Suhada. (2020). Problematika, Peranan Dan Fungsi Perencanaan Pendidikan Di Indonesia. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 147162.
Suryadi, A. (2022). Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar. CV Jejak (Jejak Publisher).
Suseni, M., Arini, N. ., & Dewi, N. P. . (2021). Implementasi metode kolase dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18.
Triwiyanto, T. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran.
Yafie, E. (2018). The Effect of Parenting Efficacy on the Social-Emotional Development of Children in B-Class Kindergarten. ICLI, 78.
Yafie, E., Haqqi, Y. A., Kustiawan, U., Astuti, W., Boedi, D., & Ilhami, B. S. (2019). The effect of teacher competency training on high order thinking-based learning. Journal of Early Childhood Care & Education, 2(2), 8793.
Yafie, E., Nirmala, B., & Kurniawati, L. (2020). Supporting cognitive development through multimedia learning and scientific approach: An experimental study in preschool. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 113123.
Yafie, E., Samah, N. A., Mohamed, H., & Haqqi, A. Y. (2020). Collaborative Mobile Seamless Learning (CMSL) based on Android Apps to Improving Critical Thinking in Higher Education in the Post-Covid-19 Era. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(07), 428441. https://doi.org/DOI: 10.5373/JARDCS/V12SP7/20202125
Yusuf, E., & Nata, A. (2023). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01)
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i2.3090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.