LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MAHASISWA PRODI BK MENGUNAKAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) BASIS SOCIAL MEDIA

Hadi Pranoto, Agus Wibowo, Nurul Atieka

Abstract


Layanan Bimbingan Kelompok merupakan layanan yang ada dalam kegiatan bimbingan dan konseling yang bersifat layanan dasar dalam komprehensif yang membahas topik permasalahan yang bersifat umum, topik tersebut berupa topik tugas yaitu topik yang diberikan oleh pemimpin kelompok, dan topik bebas topik permasalahan yang dipilih secara bebas dari setiap anggota kelompok mengemukakan topik permasalahan masing-masing kemudian dipilih satu permasalahan yang akan dibahas. Dalam layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan melibatkan mahasiswa prodi BK Universitas Muhammadiyah Metro. Tujuan dari layanan bimbingan kelompok menggunakan Media ICT basis social media untuk mempermudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa prodi BK. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan pada mahasiswa prodi BK dengan menggunakan media ICT dengan memanfaatkan basis yang digunakan social media dapat mempermudah dan menyenangkan dalam proses kegiatan layanan bimbingan kelompok.


Keywords


Layanan Bimbingan Kelompok, ICT, Social Media

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2011).Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranoto, H. (2016). Group Guidance Services With Self Regulation Techniques For Students.GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2),180-189.

Pranoto, H. (2016). UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI UTARALAMPUNG UTARA.JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO,1(1), 100-111.

Pranoto, H. (2016). GROUP GUIDANCE SERVICES WITH SELF REGULATION TECHNIQUES FOR STUDENTS. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 180-189.

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Regulation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 87-112.

Pranoto, H. (2017). Media dan Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Lemlit Press: Metro.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok. Padang : Univeritas Negeri Padang.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business horizons, 52(4), 357-365.

Sudarmaji, S. (2015). STUDI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEB SEBAGAI SARANA INFORMASI AKHIR PADA PROGRAM DIPLOMA 3 MANAJEMEN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 5(2).

Sudarmaji, S. (2017). Migrasi dan Optimalisasi Database Sistem Informasi berbasis E-Learning Program Diploma III Manajemen Informatika Universitas Muhammadiyah Metro. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hadi Pranoto, Agus Wibowo, Nurul Atieka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.