MODEL PENGEMBANGAN POJOK WIRAUSAHA MAHASISWA SEBAGAI BUSINESS CENTRE BERBASIS ON LINE WEB MARKETING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk merekomendasikan model Bisnis Center yang diorientasikan menjadi sebuah inovasi. Adapun populasi yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang secara tergabung berkumpul sebagai tenant (calon wirausaha binaan) dalam sebuah Bisnis Center, yakni sebanyak 20 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah workshop kewirausahan, model pembelajaran, dan Pelatihan internet, website, dan blogger serta membuka jaringan kerja on line. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, persentase, dan statistik non paremeter dengan Microsoft excel. Hasil pengabdian, ada beberapa pokok persoalan yang dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan pemesanan dan perkembangan model Bisnis Center siap dilaksanakan dengan didasarkan pada teori dalam bidang studi secara terkonsep dan terstruktur dengan baik. 2) Proses perkembangan model Bisnis Center diselenggarakan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: pendahuluan, mengembangkan model, dan uji coba model. 3) Model Bisnis Center yang mendorong keterampilan kewirausahaan terhadap mahasiswa UMRI adalah model Bisnis Center yang diorientasikan untuk menjadi inovasi dan mensyaratkan keahlian kewirausahaan di dalamnya. 4) Model Bisnis Center yang direkomendasikan di UMRI memungkinkan terciptanya pembentukan keterampilan kewirausahaan pada tenant (calon wirausaha binaan).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 39–45.
Ragimun, Sudaryanto, & Wijayanti, R. R. (2015). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Web Kementerian Keuangan, 1–32.
Pearce, J. ., & Robinson, R. . (2013). Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control Manajemen Strategis (12th) (12th ed.). Jakarta Selatan: MC Graw Hill.
Kordnaeij, et.al., 2011, Orogins of Entrepreneirial Opportunitiesine-Banking, Journal of Global Entrepreneurship Research, Winter & Spring, 2011, Vol. 1 No. 1 pp 21-33
Kementerian Hukum dan HAM, I. (2008). Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah. (20), 1–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v3i1.1025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
indexing by:
Â
Supported by: