Pendampingan Kreasi Olahan Pisang dan Penggunaan Media Sosial di Pasar Kreatif Tejo Agung (Pak Tejo)

Elmira Febri Darmayanti, Jawoto Nusantoro, Fika Ramadhini, Dewi Setiyaningsih, Happy Chandra, Rendi Fedias Saputra

Abstract


ABSTRAK

 

Pasar Kreatif Tejo Agung (Pak Tejo)merupakan  pasar warga  yang menyajikan berbagai olahan kreatif, baik dari segi kuliner ataupun non-kuliner seperti ruang-ruang instagramable yang teletak di Jl. Raya Stadion, RT/RW 06/02, Kecamatan Tejo Agung, Kota Metro. Terbentuknya Pak Tejo merupakan hasil dari ide masyarakat serta antusiasme masyarakat yang besar, sehingga dapat direalisasikan dan diresmikan pada tanggal 31 Januari 2021. Dengan melihat situasi dan kondisi di lingkungan, Pak Tejo merupakan salah  satu  wilayah  yang  berpotensi  karena  memiliki  beragam peluang usaha misalnya, potensi dalam usaha kuliner serta jasa-jasa lainnya. Banyak sekali potensi ide kreatif untuk menjalankan usaha namun belum tergali dengan optimal oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu,  melalui metode sharing, tanya jawab, dan praktik secara langsung yang diberikaan dapat menumbuhan jiwa kewirausahaan dan pemahaman tentang pentingnya media sosial sebagai media promosi bagi masyarakat di Pasar Kreatif Tejo Agung.

 

Kata kunci: Kewirausahaan, Media Sosial, Inovasi

ABSTRACT

Pasar Kreatif Tejo Agung (Pak Tejo) is a citizen market that serves a variety of creative preparations, both in terms of culinary or non-culinary such as instagramable spaces, located on Jl. Raya Stadion, RT / RW 06/02, Kecamatan Tejo Agung, Kota Metro. The formation of Pak Tejo is the result of great community ideas and community enthusiasm, so it can be realized and inaugurated on January 31, 2021. Looking at the situation and conditions in the environment, Pak Tejo is one of the potential areas because it has various business opportunities, for example, potential in culinary business as well as other services. There is a lot of potential for creative ideas to run a business but has not been optimally explored by the surrounding community. Therefore, through the methods of sharing, question and answer, and direct practice given can grow the spirit of entrepreneurship and understanding of the importance of social media as a promotional media for the community in the Pasar Kreatif Tejo Agung

Keywords:Entrepreneurship, Social Media, Inovation,


Keywords


Kewirausahaan, Media Sosial, Inovasi

Full Text:

PDF

References


Achmad, Nur. 2015. “Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan.“ Surakarta: BPK FEB UMS.

Howkins, John. 1997. Creative Economy, How People Make Money from Ideas.

Indoworo, Hawik Ervina. 2015. “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media”. Semarang. Universitas PGRI Semarang

Iwan Shalahuddin, dkk. 2018. “Prinsip-Prinsip Dasar Kewirausahaan”. Yogyakarta: Deepublish.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. , h. 15-171

Lestari, Ayu. 2015. “Analisis Multiplier Effect Ekonomi Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Mesuji”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, Lampung

Mohammad Maskan. 2018. Kewirausahaan. Malang: Polinema Press: 2018, h.2

Siswanto, Tito. 2013. “Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah”. Jurnal Liquidity, Vol 2 No. 1, Januari –Juni 2013, Hal 80-86

Woodward . 2011. “Technology and Organization: Essays in Honour of Joan Woodward. Research in the Sociology of Organization”, Volume 29.

Yuyus Suryana, Kartib Bayu. 2011. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana, 2011, h.2




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by: