PELATIHAN PEMBUATAN E-MODUL DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SEKAMPUNG UDIK

Dwi Rahmawati, Rahmad Bustanul Anwar, Arif Hidayat, Umi Hartati

Abstract


Wabah Covid 19 telah menyebabkan perubahan diberbagai sektor salah satunya pendidikan. Hal ini menuntut sekolah khususnya guru harus dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Guru harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan dan menggunakan bahan pembelajaran berbasis ICT salah satunya adalah E-Modul. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMP Muhammadiyah Sekampung Udik. Permasalahan yang dialami kelompok mitra adalah guru memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat E-Modul. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat E-Modul. Metode dalam program ini diawali dengan pelatihan terkait pembuatan E-Modul. melalui kegiatan In House Training, selanjutnya dilakukan pendampingan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh guru dalam pelatihan. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh guru di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Hasil program ini adalah mitra yaitu kelompok guru memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam pembuatan E-Modul serta penggunaannya dalam pembelajaran pada platform RubelMu

Keywords


E-Modul, Pandemi Covid 19, Pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. A; & Prestiadi, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) “Prospek Pendidikan Nasional Pasca Pandemi Covid-19” Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Negeri Malang 20 Juni 2020; ISBN: 978-602-5445-11-8 129.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.

Nuraini, I., Sutama., dan Narimo, S. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Ispring suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika. Vol. 31, No. 2. Hal 62-71.

Kemendikbud. 2019. Mendikbud Dorong Pengembangan Teknologi pembelajaran Lebih Kreatif dan Inovatif. Simposium Regional Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Laman kemendikbud.go.id (Online). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-pengembang-teknologi-pembelajaran-lebih-kreatif-dan-inovatif).

Rahim, Y.M., (2011). Pemanfaatan ICT sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada UIN Alaudin Makasar. Sulesana, Vol 6, No 2.

Sari, S. D. P. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication technology) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Workshop Nasional Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret 28 November 2015.

Suryani, N. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran IT. Prosiding Workshop Nasional Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret 28 November 2015.

Rosdiana. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4, No.1, hal.73-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: