Melaksanakan Dharma Pengabdian Sebagai Pengurus Komite SMA Negeri 1 Metro pada Masa Pandemi Covid 19

Nyoto Suseno, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Abstrak

Fungsi Komite Sekolah adalah memberikan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan, menggalang dana dari sumber daya pendidikan lain, mengawasi pelayanan pendidikan sekolah, dan menindaklanjuti keluhan, saran, kritik dan aspirasi stakeholder sekolah. Untuk menjalankan tugas dan fungsi komite SMA Negeri 1 Metro, maka disusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Komite SMA Negeri 1 Metro Tahun 2017. Sesuai AD-ART, Komite SMA Negeri 1 Metro wajib menyampaikan Rencana Anggaran Komite Sekolah (RAKS) pada awal tahun pelajaran dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran pada setiap akhir tahun pelajaran melalui rapat yang dihadiri minimal 2/3 anggota dan pengurus Komite Sekolah. Pada awal tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19, sehingga banyak program dan kegiatan komite SMA Negeri 1 Metro tidak dapat terlaksana, dan bahkan pelaksanaan LPJ tahun pelajaran 2019/2020 dan RAKS tahun pelajaran 2020/2021 yang seyogyanya dilaksanakan bulan Juli atau Agustus 2020 tidak dapat dilaksanakan. Tahun 2020 juga bersamaan dengan habisnya masa kepengurusan komite SMA Negeri 1 Metro. Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai agenda komite SMA Negeri 1 Metro tidak dapat dilaksanakan dan berdampak pada munculnya berbagai permasalahan yang harus diselesaikan dengan cara yang tidak biasa.  Langkah strategis untuk mengatasi permasalahan komite SMA Negeri 1 Metro yaitu: melakukan perubahan AD-ART; melakukan perpanjangan kepengurusan komite; memberi kesempatan kepada Orang tua/Wali peserta didik terdampak Covid 19, untuk mengajukan keringanan atau pembebasan dana sumbangan komite sekolah; mendorong sekolah untuk mengajukan anggaran BOSDA untuk menggantikan anggaran komite yang tidak terbayar; dan melakukan LPJ anggaran tahun pelajaran 2019/2020 dengan mengikuti aturan pemerintah selama masa pandemi covid 19, yakni rapat paripurna dilaksanakan secara bergelombang dengan mengikuti protokol kesehatan.

 

Kata kunci (dicetak tebal): komite sekolah, program dan kegiatan, pandemi covid-19.

Abstract

The function of the School Committee is to provide considerations in determining policies, raising funds from other resources, supervising, and following up aspirations from stakeholders. To carry out its functions, the AD-ART Committee of SMA Negeri 1 Metro 2017 was made as a guide. in 2020 there was a Covid-19 pandemic, so many school committee programs and activities could not be carried out, and even the 2019/2020 LPJ and 2020/2021 RAKS which were supposed to be held in July or August 2020 did not take place. The Covid-19 pandemic has caused the school committee's agenda to not be implemented and has an impact on the emergence of many problems. Strategic steps to solve school committee problems are: make changes to the contents of AD-ART; extend the term of the school committee; provide an opportunity for parents of students affected by Covid 19, to apply for relief or exemption from school committee donations; encourage schools to submit BOSDA budgets to replace unpaid committee budgets; and conduct LPJ for the 2019/2020 school year budget with health protocols, through plenary meetings in stages.

Keywords: school committee, program and activity, pandemi covid-19


Keywords


komite sekolah, program dan kegiatan, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Komite SMA Negeri 1 Metro Tahun 2017.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Komite SMA Negeri 1 Metro Tahun 2021.

Mustadi, A., Zubaidah, E., dan Sumardi. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan. XXXV (3), 312 – 321.

Megiati, Y.E., (2016). Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 1(2), 125 – 134.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 61 Tahun 2020 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendanaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Menengah Negeri dan Satuan Pendidikan Khusus Negeri Provinsi Lampung.

Sato, Manabu. (2014). Mereformasi Sekolah. Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Tokyo: Japan International Cooperation Agency (JICA).

Syahid, Abd. & Kamaruddin. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam pada Anak. Jurnal Pendidikan Islam. V (1), 120 – 132.

Umam, M.K. (2019). Komite Madrasah dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah. 7(1), 39 – 56.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: