Pembuatan E-commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk KWT Peduli Lingkungan “ARIMBI” Kecamatan Rumbia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan e-commerce atau akun perdagangan yang belum dipakai untuk media promosi hasil produksi dari KWT Arimbi. Tujuan pengembangan akun e-commerce melalui elektronik bagi KWT Peduli Lingkungan “Arimbi” Kampung Reno Basuki, Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah yang berfokus pada pengolahan bahan bekas (sampah plastik). Metode pelaksanaan yang dilaksanakan yaitu (1) Survei lokasi, produk, harga jual, pengambilan dokumentasi produk, dan sosialisasi awal, (2) Pengeditan gambar atau video produk agar menarik untuk ditampilkan di katalog e-commerce, (3) Pembuatan email satu pintu, (4) Pembuatan akun dagang virtual, (5) Pengunggahan produk, (6) Sosialisasi penggunaan akun dagang virtual, (7) Pemonitoran mitra secara berkala. Hasil penelitian ini adalah jangkauan penjualan menjadi lebih luas dan ketersediaan katalog online membuat KWT dapat mempromosikan dagangannya dengan leluasa melalui sosial media.
Kata kunci: e-commerce, produk KWT, ARIMBI
ABSTRACK
This research is motivated by the use of e-commerce or trading accounts that have not been used for media promotion of the production of KWT Arimbi. The purpose of developing an electronic e-commerce account for KWT Cares for the Environment "Arimbi" Reno Basuki Village, Rumbia District, Central Lampung which focuses on processing used materials (plastic waste). The implementation methods carried out are (1) Location survey, product, selling price, product documentation retrieval, and initial socialization, (2) Editing of product images or videos to make them attractive to display in e-commerce catalogs, (3) Making one-stop emails, (4) Creating a virtual trading account, (5) Uploading products, (6) Disseminating the use of virtual trading accounts, (7) Monitoring partners regularly. The results of this study are that the sales reach is wider and the availability of online catalogs allows KWT to freely promote their wares through social media.
Keywords: e-commerce, KWT products, ARIMBI
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gata, G., Putra, N.R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan
Usaha Ritel Distro. Jurnal Teknik Informatika Vol. 8 No. 2.
Kalakota, R. dan Whinston, A. B. (1997). Electronic commerce: a manager’s guide. Addison-
Wesley Professional.
Laudon and Traver. (2017). E-commerce 2017: Business, Technology, and Society. New
Jersey: Pearson.
Mardatila, Ani. (2020). Mengenal Apa Itu E-commerce Beserta Kelebihan dan
Kekurangannya. (Online) https://www.merdeka.com/sumut/mengenal-apa-itu-e-commerce-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya-kln.html?page=2. Diakses pada 24 Januari 2021.
Maulana, S.M., Susilo, H., Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media
Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol. 29 No. 1.
Medah, M.(2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Partner, Tahun
Nomor 1, Halaman 74-81
Mumtahana, H.A., Nita, S., Winerawan, A. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk
Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jurnal Khazanah Informatika Vol. III No. 1.
Shelly Cashman. (2007). Discovering Computers; Menjelajah Dubia Komputer Fundamental,
Edisi 3, Jakarta: Salemba Infotek.
Sutikno, Satriyo Adhy & Sukmawati Nur Endah.(2015) Penerapan E-Commerce Untuk
Meningkatkan Dan Memperluas Pemasaran Di Umkm (Studi Kasus Di UMKM Pengrajin Tahu Putih Dan Telur Asin Di Kabupaten Klaten). Universitas Diponegoro
Sukamdani , N.B., Istuningsih, W.(2018). Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis
Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus “Songketkito” Kain Khas Palembang) Nugroho B. Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol. VII (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i1.1879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ndexing by:
Supported by: