Pelatihan Manajemen Usaha Aspek Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Anggota UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS)

Jeni Andriani, Rissa Hanny, Cornelia Dumarya Manik, Rudy Bodewyn Mangasa Tua, Amirudin Amirudin

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul Pelatihan Manajemen Bisnis (Aspek Pemasaran Melalui E-Commerce) bagi Anggota UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS) ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan bisnis khususnya aspek pemasaran, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan secara online melalui e-commerce. Metode kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa penyampaian materi pengelolaan usaha (aspek pemasaran melalui e-commerce) dan praktik penggunaan fitur WhatsApp (WA) Business dan Google Business. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah anggota komunitas UCTS dapat menguasai fitur WhatsApp (WA) Bisnis dan Google Business untuk meningkatkan penjualan bisnis untuk mencapai kesejahteraan bagi pelaku UMKM dan masyarakat sekitar.

 

Kata kunci: Manajemen Usaha, Pemasaran, E-Commerce, UMKM

 

ABSTRACT

 Community Service (PKM) with the title Business Management Training (Marketing Aspects Through E-Commerce) for MSME Members Catering South Tangerang (UCTS) aims to optimize business management, especially the marketing aspect, and provide knowledge and skills online through e-commerce. The Community Service (PKM) activity method used is to provide training in the form of presentation of business management materials (marketing aspects through e-commerce) and the practice of using WhatsApp (WA) Business and Google Business features. The result of this PKM activity is that members of the UCTS community can master WhatsApp (WA) Business and Google Business features to increase business sales to achieve prosperity for MSME actors and the surrounding community.

Keywords: : Business Management, Marketing, E-Commerce, MSME


Keywords


dosen00436@unpam.ac.id

Full Text:

PDF

References


Agustini, D. (2020, Agustus 5). Pandemi Covid-19, 246 UMKM di Kota Tangsel Gulung Tikar. Dipetik September 2021, dari Pikiran Rakyat Media Network: https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/bisnis/pr-59652860/pandemi-covid-19-246-umkm-di-kota-tangsel-gulung-tikar

Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469. doi:10.1108/09590550210445335

Hanny, R., Nurhadi, A., Nurismalatri, Harsono, Y., & Fitria, J. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kreatif dengan Manajemen Keuangan untuk Memaksimalkan Laba di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depok. DEDIKASI PKM, 1(1), 1-5. doi:10.32493/dedikasipkm.v1i1.6040

Lidyana, V. (2021, April 06). ADB Sebut 30 Juta UMKM RI 'Bangkrut', Kemenkop: Warung-warung Masih Ramai. Dipetik Oktober 2021, dari detikFinance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5522639/adb-sebut-30-juta-umkm-ri-bangkrut-kemenkop-warung-warung-masih-ramai

Malinda, W. R., Purnawati, N. E., & Nurjannah. (2019). Pelaksanaan Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Usaha Pada Sentra Kerajinan Nentu mekar baru (BUMDES) di Desa Korihi Kecamatan. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1).

Muhardi. (2007). Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Pustaka.

Pemkot Tangerang Selatan. (2020). LAKIP: Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Tangerang - Banten: Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah.

Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor Kesiapan dan Adopsi Teknologi Informasi Dalam Konteks Teknologi Serta Lingkungan Pada UMKM di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49-56. doi:10.33480/jitk.v5i1.616

Sani, A., Subiyakto, A., & Rahman, T. K. (2018). Integration of the Technology Readiness and Adoption Models for Assessing IT Use among SMEs in Indonesia. International Conference on Recent Innovations in Informatics and Information Systems (ICRIIIS), 27-28 September 2018. Indonesia: Jakarta Hall Convention Center.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i1.1890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: