Sosialisasi Pentingnya Produk Halal Melalui Penanaman Nilai Profetik Bagi Pedagang Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (Pak RT)

Nina Tisnawati, Triani Ratnawuri, Nurul Farida, Sangidatus Sholiha

Abstract


ABSTRAK

Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (PAK-RT) merupakan usaha yang baru dirintis oleh warga sekitar kelurahan Rejomulyo. Pada umumnya para pedagang yang berdagang di PAK-RT adalah pedagang baru yang ingin mencoba berdagang yang sebagian besar sebelumnya profesi mereka bukan sebagai pedagang. Pengabdian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada mitra yaitu belum mamahami profesi berdagang dalam Islam dengan cara sosialisasi mengenai  produk halal dan memberikan pemahaman betapa mulianya profesi berdagang yang diajarkan oleh Rosululloh Shalallohu Alaihi Wassalam dengan cara menanamkan sifat Sidiq,Tabligh Amanah dan Fatonah ketika menjalankan perdagangannya sehingga pruduk yang akan dihasilkan adalah produk yang halal, halal dari segi wujud maupun halal dari segi mencari. Metode Pelaksanaan yang dilakukan pada pengabdian ini adalah Ceramah. Berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan yang dilakukan oleh tim pengabdi bahwasannya mitra pasar kreatif rejomulyo mampu mengamalkan bagaimana berdagang yang baik dan benar seperti yang telah dicontohkan baginda Nabi Muhammad Shalallohu Alaihi Wassalam, serta menjadi berhati-hati dalam berdagang agar mendapakan produk yang halal dan juga mencari keberkahan hidup dari Alloh Subhanahu Wata’ala

Kata Kunci: Sosialisasi,Produk Halal, Pedagang,Pasar Kreatif

                                                                          

 

ABSTRACT

 

The Rejomulyo Tangguh Creative Market (PAK-RT) is a new business initiated by residents around the Rejomulyo village. In general, traders who trade in PAK-RT are new traders who want to try trading, most of whom were previously not traders. This service aims to solve problems that occur to partners, namely they do not understand the trading profession in Islam by socializing about halal products and providing an understanding of how noble the trading profession is taught by Rosululloh Shalallohu Alaihi Wassalam by instilling the qualities of Sidiq, Tabligh Amanah and Fatonah when carrying out their trades. so that the product to be produced is a product that is halal, halal in terms of form and halal in terms of looking. The implementation method carried out in this service is Lecture. Based on the results of the evaluation and observations made by the service team, the creative market partners of Rejomulyo are able to practice how to trade properly and correctly as exemplified by the Prophet Muhammad Shalallohu Alaihi Wassalam, and be careful in trading in order to get halal products and also seek blessings. life from Allah Subhanahu Wata'ala

 

Keywords: Socialization, Halal Products, Traders, Creative Market


Keywords


Sosialisasi,Produk Halal, Pedagang,Pasar Kreatif

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI al-Qur’an dan Terjemahnya Bandung: PT : Cordoba Internasional Indonesia, 2020

M.Sururi,(2021) Referensi Konsumen dalam pembelian poduk produk yang di pasarkan di supermarket TIP TOP, Jurnal keuangan dan bisnis syari’ah, 1(I), 47-56

KeMenDag , Undang-undang Perdagangan No 7, pasal 1 (2014) tentang system Perdagangan di Indonesia

Pof.Dr.H. Ramayulis,(2017) Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Kalam Mulia, (113)




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i2.2197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: