Workshop Pengintegrasian AIK dalam Penyusunan Modul dan Penukilan Al-Qur’an/Hadis Menggunakan Aplikasi alfanous/hadits.id
Abstract
ABSTRAK
Sekolah-sekolah Muhammadiyah memiliki ciri yaitu memadukan pendidikan Keislaman dan pendidikan umum. Pendidikan Ke-islaman diberikan dalam bentuk mata pelajaran Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan (AIK). Siswa diberikan mata pelajaran ini agar memiliki pengetahuan dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar pengamalan AIK efektif maka AIK di integrasikan ke dalam materi pelajaran berupa modul. Namun guru-guru SMP Muhammadiyah 3 sebagai mitra belum trampil mengintegrasikan AIK dalam penyusunan modul dan belum trampil menukil ayat Al-Qur’an dan Hadis menggunakan aplikasi.Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan mengintegrasikan AIK dalam modul, 2) meningkatkan ketrampilan mengintegrasikan AIK dalam penyusunan modul, 3) meningkatkan ketrampilan menukil ayat Al-Qur’an menggunakan aplikasi alfanous dan 4) ) meningkatkan ketrampilan menukil Hadis menggunakan aplikasi hadits.id. Pengabdian ini meliputi tahap-tahap: 1) Sosialisasi, dilakukan untuk memberi informasi pentingnya pengintegrasian AIK dalam penyusunan modul, 2) Workshop, dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam menyusun modul terintegrasi AIK dengan cara menjelaskan materi tentang penyusunan modul, integrasi AIK dan penukilan ayat Qur’an/hadis melalui aplikasi alfanous dan hadits.id, 3) Pendampingan, dilakukan dengan cara membimbing mitra menyusun modul dengan menukil ayat Qur’an/Hadis, ayat-ayat motivasi dan kegiatan keagamaan ke dalam modul. Penukilan ayat Al-Qur’an menggunakan aplikasi alfanous dengan cara menginstal play store alfanous, menuliskan tema, melakukan pencarian dan memilih ayat yang sesuai dengan materi. Penukilan Hadits menggunakan aplikasi hadits.id dengan menginstal pada play store, menuliskan tema, memilih subtema, sehingga muncul jenis hadis dan nomornya Hasil kegiatan diperoleh bahwa mitra merasa tertarik, mendapat ilmu baru dan trampil mengintegrasikan AIK dalam modul. Saran dalam pengabdian ini penyusunan modul hendaknya bervariasi.
Kata kunci : pengintegrasian AIK, penukilan Al-Qur’an/hadis, aplikasi alfanous/hadits.id
ABSTRACT
Muhammadiyah schools have the characteristic of combining Islamic education and general education. Islamic education is provided in the form of Al-Islam and Muhammadiyah (AIK) subjects, so the students have knowledge and can practice it in everyday life. In order for the practice of AIK to be effective, AIK is integrated into the subject matter in the form of a module. However, SMP Muhammadiyah 3 teachers as partners are not yet skilled in making AIK integrated module, and are not yet skilled in quoting Qur'an/Hadith using applications.This community service aims to: 1) increase knowledge of making AIK integrated module, 2) improve skills in making AIK integrated module, 3) improve skills in quoting Qur'anic using alfanous applications and 4) improve skills in quoting Hadith using hadiis.id applications. This stages of this service are: 1) Socialization, carried out to provide information on the importance of compiling AIK integrated module, 2) Workshop, carried out to increase partners' knowledge and skills in developing AIK integrated modules by explaining material on module preparation, AIK integration and descriptions verses of the Qur'an/hadith through the alfanous/hadits.id applications, 3) Workshop, carried out by guiding partners in compiling modules by quoting Qur'an/Hadith, motivational verses and religious activities.. The recitation of the Qur'an uses the Alfanous application by installing the Alfanous Play Store, writing themes, conducting searches and selecting verses that match the material. Hadith writing using the hadits.id application by installing it on the play store, writing a theme, choosing a sub-theme, so that the types of hadiths and numbers appear. The results of the activity showed that partners were interested, gained new knowledge and were skilled at making AIK integrated module, Suggestions in this service for the preparation of modules should be varied.
Key words : integration of AIK, Qur'an/hadith interpretation, alfanous/hadits.id application
ABSTRAK
Â
Sekolah-sekolah Muhammadiyah memiliki ciri yaitu memadukan pendidikan Keislaman dan pendidikan umum. Pendidikan Ke-islaman diberikan dalam bentuk mata pelajaran Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan (AIK). Siswa diberikan mata pelajaran ini agar memiliki pengetahuan dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar pengamalan AIK efektif maka AIK di integrasikan ke dalam materi pelajaran berupa modul. Namun guru-guru SMP Muhammadiyah 3 sebagai mitra belum trampil mengintegrasikan AIK dalam penyusunan modul dan belum trampil menukil ayat Al-Qur’an dan Hadis menggunakan aplikasi.Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan mengintegrasikan AIK dalam modul, 2) meningkatkan ketrampilanmengintegrasikan AIK dalam penyusunan modul, 3) meningkatkan ketrampilan menukil ayat Al-Qur’an menggunakan aplikasi alfanous dan 4) ) meningkatkan ketrampilan menukil Hadis menggunakan aplikasi hadits.id.Pengabdian ini meliputi tahap-tahap: 1) Sosialisasi, dilakukan untuk memberi informasi pentingnya pengintegrasian AIK dalam penyusunan modul, 2) Workshop, dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam menyusun modul terintegrasi AIK dengan cara menjelaskan materi tentang penyusunan modul, integrasi AIK dan penukilan ayat Qur’an/hadis melalui aplikasi alfanous dan hadits.id, 3) Pendampingan, dilakukan dengan caramembimbing mitra menyusun modul dengan menukil ayat Qur’an/Hadis, ayat-ayat motivasi dan kegiatan keagamaan ke dalam modul. Penukilan ayat Al-Qur’an menggunakan aplikasi alfanous dengan cara menginstal play store alfanous, menuliskan tema, melakukan pencarian dan memilih ayat yang sesuai dengan materi. Penukilan Hadits menggunakan aplikasi hadits.id dengan menginstal pada play store, menuliskan tema, memilih subtema, sehingga muncul jenis hadis dan nomornya Hasil kegiatan diperoleh bahwa mitra merasa tertarik, mendapat ilmu baru dan trampil mengintegrasikan AIK dalam modul. Saran dalam pengabdian ini penyusunan modul hendaknya bervariasi.
Â
Kata kunci:pengintegrasian AIK, penukilan Al-Qur’an/hadis, aplikasi alfanous/hadits.id
ABSTRACT
Muhammadiyah schools have the characteristic of combining Islamic education and general education. Islamic education is provided in the form of Al-Islam and Muhammadiyah (AIK) subjects, so the students have knowledge and can practice it in everyday life. In order for the practice of AIK to be effective, AIK is integrated into the subject matter in the form of a module. However, SMP Muhammadiyah 3 teachers as partners are not yet skilled in making AIK integrated module, and are not yet skilled in quoting Qur'an/Hadith using applications.This community service aims to: 1) increase knowledge of making AIK integrated module, 2) improve skills in making AIK integrated module, 3) improve skills in quoting Qur'anic using alfanous applications and 4) improve skills in quoting Hadith using hadiis.id applications. This stages of this service are: 1) Socialization, carried out to provide information on the importance of compiling AIK integrated module, 2) Workshop, carried out to increase partners' knowledge and skills in developing AIK integrated modules by explaining material on module preparation, AIK integration and descriptions verses of the Qur'an/hadith through the alfanous/hadits.id applications, 3) Workshop, carried out by guiding partners in compiling modules by quoting Qur'an/Hadith, motivational verses and religious activities.. The recitation of the Qur'an uses the Alfanous application by installing the Alfanous Play Store, writing themes, conducting searches and selecting verses that match the material. Hadith writing using the hadits.id application by installing it on the play store, writing a theme, choosing a sub-theme, so that the types of hadiths and numbers appear. The results of the activity showed that partners were interested, gained new knowledge and were skilled at making AIK integrated module, Suggestions in this service for the preparation of modules should be varied.Key words : integration of AIK, Qur'an/hadith interpretation, alfanous/hadits.id applicationKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ataji, H.M.K., Sujarwanta, A. & Muhfahroyin. 2021, Pengembangan Modul Materi Virus Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis E-Learning dan QR Code, Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2), 240-245.
Danarta, A., 2021, Corak Hadis Sufistik dalam Konsep Insan Kamil Abd Al-Karim Al-Jili, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, 22(1), 161-184.
Djamal, S. M. (2017). Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah 17(2), h. 161-179
Fahrudin, 2019, Kajian Hadis Era Android (Telaah Aplikasi ‘Masuk Surga’ Karya Ahmad Lutfi Fathullah), Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4, (1), 37-48.
Hanafi, H., Adu, La. dan Zainuddin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish
Harahap, M. S. & Fauzi, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan 4(5), h. 13-17
Jamaludin, D.N., 2019. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Keilmuan Islam Pada Kurikulum 2013, Journal of Natural Science and Integration. 1(2), h. 44-53.
Lasmiyati dan Harta, I., 2014, Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), (161-174)
Lestari, E., & As’ari, A. R. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris Untuk Siswa Kelas X. Malang: Universitas Negeri Malang.
Muhsinin, 2013, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam.. 8(2), 205-227
Mutijah, 2018. Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 51-74.
Nadlif, A. dan Amrulla, M., 2017. Buku Ajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan - 1 (AIK - 1), Sidoarjo. UMSIDA Press
Safitri, W.Y., Haryanto &Rofiki, I., 2020. Integrasi Matematika, Nilai-Nilai Keislaman, dan Teknologi: Fenomena di Madrasah Tsanawiyah, Jurnal Tadris Matematika 3(1), 89-104
Setiawan, I., 2018. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi). Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, h. 123-135,Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Usmadi, 2016, Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Islami Dalam Pola Pengasuhan Keluarga, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3(1), 25-36, DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i1a4.2016
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Yuniati. S. & Sari, A, 2018, Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, (RME) di Propinsi Riau Jurnal Analisa 4 (1), 1-9.
Yusnitasari T, Wulandari, L., Ikasari, D. Humain, I., 2018, Perancangan Smart Digital Al Quran dan Hadis Bukhori Muslim untuk Platform Mobile Application, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Senapati) Ke-9, Bali, 08 September 2018,
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i2.2198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
indexing by:
Â
Supported by: