Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Hasil Pertanian di Desa Citorek Timur

Yoga Budi Bhakti, Irnin Agustina Dwi Astuti, Syahid Syahid

Abstract


ABSTRAK

 

 

Hasil pertanian yang melimpah yang terdapat di desa Citorek Timur belum bisa mendistribusikan untuk dijadikan usaha dengan baik. Masyarakat masih melakukan kegiatan berwirausaha secara manual yaitu hanya menjualkan hasil panen atau produk buatan sendiri dari rumah atau di pasar. Pemahaman masyarakat mengenai proses pemasaran juga masih rendah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasa kepada masyarakat desa Citorek Timur dalam memahami bisnis usaha dan pemasaran digital dengan baik. Peserta kegiatan merupakan masyarakat desa Citorek Timur dengan jumlah peserta 20 oranf. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi wawancara, sosialisasi, dan pelatihan. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket/kuesioner kegiatan. Kegiatan ini menambah pengetahuan masyarakat desa Citorek Timur tentang modal berbisnis dan peluang pemasaran secara digital dengan peningkatan sebesar 33 %. Kegiatan pengabdian  kepada  masyarakat  di  desa Citorek Timur berjalan dengan baik sesuai dengan hasil kuisioner umpan balik tingkat kepuasan mitra dalam  pelaksanaan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  mengatakan  bahwa  mitra menanggapi  respon  positif  (93  %)  dengan  kegiatan  pengabdian  ini. 

 

Kata kunci : kewirausahaan, pemasaran digital, hasil pertanian

 

 

 

ABSTRACT

 

The abundant agricultural products found in East Citorek village have not been able to distribute to be used as a business properly. People still carry out entrepreneurship activities manually, namely only selling their own harvests or products from home or in the market. Public understanding of the marketing process is also still low. The purpose of this community service activity is to provide knowledge and knowledge to the people of East Citorek village in understanding business and digital marketing well. The participants of the activity were the people of East Citorek village with a total of 20 oranf participants. The methods used in this activity include interviews, socialization, and training. Data collection is carried out by distributing questionnaires / activity questionnaires. This activity increased the knowledge of the people of Citorek Timur village about business capital and digital marketing opportunities with an increase of 33%. Community service activities in Citorek Timur village went well in accordance with the results of the questionnaire feedback on the level of partner satisfaction in the implementation of community service which said that partners responded positively (93%) with this service activity.

 

Keywords: entrepreneurship, digital marketing, agricultural products


Keywords


kewirausahaan, pemasaran digital, hasil pertanian

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Indriani, A. I., Wulandari, R., Gifani, A. G., Salsabila, N., & Astuti, I. A. D. (2021). Pelatihan Water Purifier Dengan Metode Aerasi dan Filtrasi Menggunakan Saringan Pasir Cepat Sebagai Solusi Penjernihan Air Sumur di Desa Citorek Timur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), 92-99.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.

Fitrianah, L., Purnama, A. R., & Asror, M. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Pengrajin Sablon Di Desa Pogar Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. e-Prosiding SNasTekS, 1(1), 415-420.

Hadi, A. S., & Khairi, A. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-132.

Herawati, J., Hutami, L. T. H., & Sari, P. P. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan dan Promosi Digital Marketing Batik Jenggolo. Abdimas Dewantara, 2(1), 1-7.

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2).

Isabella, A. A., & Sanjaya, P. N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan ‘Pengelolaan Keuangan Bisnis Online Shop Era Digital.’. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-21.

Muhlisin, M., Ulumi, H. F. B., & Humaeni, A. (2017). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Perlindungan Masyarakat Adat Di Provinsi Banten: Studi Kasus Masyarakat Adat Baduy Dan Citorek. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 1(1), 27-44.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Utami, D. P. (2020). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian (Vol. 1, No. 1, pp. 25-32).

Yuantari, M. C., & Kurniadi, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Techno. Com, 15(1), 43-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i2.2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: