Eksplorasi dan Edukasi pentingnya Orientasi Masa Depan Remaja di Kaki Gunung Haruman, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung

Yanti Rubiyanti, Hendriati Agustiani, Ratna Jatnika

Abstract


ABSTRAK

Remaja adalah aset bangsa. Salah satu kontribusi remaja dalam membangun bangsa adalah melalui pendidikan dan pengembangan potensi.  Kesadaran akan pentingnya pendidikan masih menjadi salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan di Indonesia. Banyak daerah di mana kondisi pendidikan remajanya belum baik, termasuk di provinsi Jawa Barat yang termasuk provinsi dengan jumlah sekolah yang tinggi. Kabupaten Bandung merupakan kabupaten besar yang masyarakatnya belum banyak yang memiliki pendidikan yang tinggi. Salah satu daerah di Kabupaten Bandung, yang tidak terlalu jauh dari kota dengan perjalanan melalu tol, yaitu desa di sekitar kaki gunung Haruman di mana masih memiliki angka kesadaran terhadap pendidikan yang rendah. Hal ini merupakan ancaman bagi bangsa karena remaja merupakan generasi penerus bangsa. Selain kurangnya kesadaran akan pendidikan yang dapat mengimplikasi kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, pengembangan desa yang belum optimal bisa menjadi salah satu hambatan yang terdapat di desa di kaki gunung Haruman, seperti Warjabakti. Oleh sebab itu, untuk mendalami potensi yang dimiliki oleh desa di kaki gunung Haruman ini, khususnya remaja, dilakukanlah sebuah pengamatan dan survey yang bertujuan untuk menganalisis gambaran dan pengembangan potensi berdasarkan konsep orientasi masa depan remaja. Metode dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada narasumber. Hasil data dari survey, observasi dan  wawancara diolah menggunakan teknik coding dengan membuat kategori tertentu pada setiap aspek kemudian didiskusikan bersama hingga didapatkan hasil dan kesimpulan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa remaja di Kaki Gunung Haruman, Desa Warjabakti, memiliki berbagai macam potensi. Namun umumnya, orientasi masa depan yang mereka rencanakan hanya sampai pada tahap motivasi.

Kata kunci: Potensi, orientasi masa depan, remaja, Gunung Haruman

ABSTRACT

Teenagers are a nation's asset. One of the contributions of youth in building the nation is through education and potential development. Awareness of the importance of education is still one of the most worrying problems in Indonesia. There are many areas where the condition of youth education is not good, including in West Java province which is a province with a high number of schools. Bandung Regency is a large district where not many people have higher education. One of the areas in Bandung Regency, which is not too far from the city by traveling via the toll road, is the village around the foot of Mount Haruman where there is still a low level of awareness of education. This is a threat to the nation because youth are the next generation of the nation. In addition to the lack of awareness of education which can have implications for the welfare and quality of life of the community, village development that is not yet optimal can be one of the obstacles found in villages at the foot of Mount Haruman, such as Warjabakti. Therefore, in order to explore the potential of this village at the foot of Mount Haruman, especially youth, an observation and survey was carried out with the aim of analyzing the description and development of potential based on the concept of youth's future orientation. The method in writing this article is a qualitative method by conducting in-depth interviews with sources. The results of data from surveys, observations and interviews were processed using coding techniques by creating certain categories for each aspect and then discussing them together to obtain results and conclusions. The results of the interviews show that teenagers at the foot of Mount Haruman, Warjabakti Village, have various potentials. But generally, the future orientation they plan only reaches the motivational stage.

 

Keywords: Potential, future orientation, youth, Mount Haruman


Keywords


Potensi, orientasi masa depan, remaja, Gunung Haruman

Full Text:

PDF

References


Cantor, N & Kihlstrom, JF 1987, Personality and social intelligence, Prentice-Hall, Cop, Englewood Cliffs, N.J.

Feist, J 2009, Theories of personality. 7th ed (9780073382708) MWU-0207., Mcgraw-Hill.

Guthrie, L., Butler, S. and Ward, M., 2009. Time perspective and socioeconomic status: A link to socioeconomic disparities in health?. Social Science & Medicine, 68(12), pp.2145-2151.

Nurmi, J. 1991. How do adolescents see their future? A review of the development of future orientation and planning. Developmental Review, 11(1), pp.1–59.

Masfufah, V., 2020. Pengaruh komunikasi orang tua-remaja dan konsep diri terhadap orientasi masa depan pada remaja (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/52494/1/VERA%20MASFUFAH-FPSI.pdf

Yildiz, M., & Eldeleklioğlu, J., 2018. Investigation of the school dropout problem at level of primary and secondary schools in Turkey. European Journal of Education Studies, pp. 33-48.

Gunawan, W. 2016. Pengembangan wisata kopi berbasis masyarakat di Desa Warjabakti Kabupaten Bandung. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 1(1), 33-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i1.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: