Revitalisasi Takmir Masjid Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Umat

Syaifudin Latif Darmawan

Abstract


ABSTRAK

 

Pengabdian masyarakat yang yang berjudul “Revitalisasi Ta’mir Masjid Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Umat” ini bertujuan untuk berpartisipasi dalam mengoptimalkan peran takmir masjid untuk meningkatkan pelayanan kepada umat. Judul ini dipilih sebagai pengabdian masyarakat karena peran takmir masjid sangatlah penting untuk meningkatkan pelayanan umat. Agar maksimal dalam melayani umat, pengusul akan memberikan pelatihan pada ta’mir masjid khairul huda, ta’mir masjid nurul yaqin dan ta’mir masjid yang ada di desa sumbergede, kecamatan sekampung, kabupaten lampung timur. Pelatihan ta’mir ini diperlukan karena untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para jama’ah, takmir perlu diberikan pelatihan sehingga takmir memiliki pemahaman yang baik bagaiman mengelola masjid dengan baik. Selain itu, pengusul pun akan memfasilitasi adanya perbaikan pada tempat wudhu, kamar mandi, pengadaan alquran dan buku agama lainnya, iqra (TPA) dan perlengkapan kebersihan. Ini semua dilakukan, agar ta’mir masjid khairul huda dan nurul yaqin dapat melayani jamaah dengan maksimal dan para jamaah masjid (khairul huda dan nurul yaqin) dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan khusuk.

Kata kunci : Revitaslisasi, Ta’mir Masjid, Pelayanan Umat

 

ABSTRACT

The community service entitled "Revitalization of the Ta'mir Mosque to Improve Services to the People" aims to participate in optimizing the role of the takmir of the mosque to improve services to the people. This title was chosen as community service because the role of the mosque takmir is very important to improve community service. In order to maximize serving the people, the proposer will provide training to the ta'mir of the Khairul Huda mosque, the ta'mir of the Nurul Yaqin mosque and the ta'mir of the mosque in Sumbergede Village, Sekampung District, East Lampung Regency. This ta'mir training is necessary because in order to provide maximum service to the congregation, the takmir needs to be given training so that the takmir has a good understanding of how to properly manage a mosque. In addition, the proposer will also facilitate repairs to the ablution area, bathrooms, procurement of the Koran and other religious books, iqra (TPA) and cleaning equipment. This is all done, so that the ta'mir of the Khairul Huda and Nurul Yaqin mosques can serve the congregation optimally and the congregation of the mosque (Khairul Huda and Nurul Yaqin) can carry out their worship comfortably and solemnly.

 

Keywords: Revitalization, Ta'mir Mosque, Public Service


Keywords


Revitaslisasi, Ta’mir Masjid, Pelayanan Umat

Full Text:

PDF

References


Alayubi, Humaidi. 2008. Fungsi dan Kegiatan Masjid Dian Al Mahri sebagai Objek Wisata Rohani.Skripsi UIN Syarif Hidayatulloh.

Dewantoro, M. Hajar. 2005. Profil Penerapan Manajemen Masjid di Kecamatan Ngemplak Sleman.Fenomena.Vol. 3 No. 1 Maret

Hakim, Lukman. 2011. Peranan Risma JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) Sebagai Lembaga Dakwah Masjid Agung Jawa Tengah. Skripsi IAIN Wali songo

Jasmadi. 2008. Revitalisasi Fungsi Masjid sebagai Basis pengembangan Masyarakat Islam. Jurnal Komunitas. Volume 4, Nomor 1.

Muslim, Aziz. 2004. Manajemen Pengelolaan Masjid. Aplikasia, Jumal Aplikasi llmu-ilmu Agama, Vol. V, No. 2, Desember 2004:105-114

Rafiq, Ahmad dan Afdawaiza. 2002. Pelatihan Manajemen Organisasi Remaja Masjid ikatan Kawula Muda Masjid Abu Bakar (Ikma) Dusun Kalangan Pandean Umbulharjo Yogyakarta. Aplikasia, Jumal Aplikasi llmu-ilmu Agama, Vol. Ill, No. 1 Juni2002:1-15

Wibowo, Fatkhuroji Hadi. 2010. Manajemen Takmir Masjid Agung Tegal Dalam Melaksanakan Kegiatan Dakwah. Skripsi IAIN Wali Songo www.lampungtimurkab.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i1.2554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: