PENGGUNAAN CHATGPT & DUO LINGO UNTUK MENCIPTAKAN PENGALAMAN BELAJAR KEISLAMAN YANG MENARIK BAGI ANAK ANAK PANTI ASUHAN BUDI UTOMO KOTA METRO

Arif Hidayat, Sudarmaji Sudarmaji, Dedi Irawan, Mustika Mustika, Gunayanti K.S, Siregar, Dani Anggoro, Danang Prabowo

Abstract


ABSTRAK

Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul Penggunaan ChatGPT & Duo Lingo Untuk Menciptakan Pengalaman Belajar Keislaman Yang Menarik Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Budi Utomo Kota Metro memiliki tujuan dan manfaat khusus bagi adik-adik siswa Panti Asuhan Budi Utomo Kota Metro antara lain mengenalkan sistem tersebut sebagai wadah untuk mencari informasi, pembelajaran yang interaktif, latihan bahasa, dan sangat membantu pencarian solusi. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Budi Utomo Kota Metro adalah metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR dipilih untuk mengembangkan keberanian anggota dalam merubah kondisi yang dialami saat ini supaya menjadi lebih baik di masa depan dengan membawa perubahan (transformation) value di masyarakat. Detail dari pendekatan metode ini yaitu tim mengadakan penjelasan materi dan disimulasikan praktik secara langsung. Kemudian dilanjutkan dengan membuka sesi pertanyaan serta melihat hasil praktek dari adik-adik panti Asuhan Budi Utomo Kota Metro. Dengan praktik ataupun simulasi bisa dilihat hasil percobaan siswa-siswi apakah berhasil atau tidak. Luaran yang ingin dicapai yaitu: melakukan dakwah teknologi informasi kepada Anak-Anak Panti Asuhan agar mereka dapat merasa lebih terlibat dalam proses pencarian informasi, pembelajaran keislaman, serta pengambilan keputusan. Mereka dapat mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik-topik yang diinginkan. Selain itu penggunaan DuoLingo sebagai wadah untuk pembelajaran bahasa online gratis, seperti latihan pembelajaran bahasa inggris dan bahasa Arab dengan berbagai tingkatan.

Kata Kunci: ChatGPT, Duo Lingo, PKM Chat GPT.

ABSTRACT

The Community Service Program entitled "Using ChatGPT & Duo Lingo to Create an Interesting Islamic Learning Experience for Children of the Budi Utomo Orphanage in Metro City" has specific objectives and benefits for younger students of the Budi Utomo Orphanage in Metro City, including introducing the system It serves as a forum for finding information, interactive learning, language training, and is very helpful in finding solutions. The method used in community service activities at the Budi Utomo Orphanage in Metro City is the PAR (Participatory Action Research) method. The PAR method was chosen to develop the courage of members to change the conditions they are currently experiencing so that they become better in the future by bringing about a change (transformation) of values in society. The details of this method approach are that the team held an explanation of the material and simulated hands-on practice. Then it was continued by opening a question session and seeing the results of the practice of the younger siblings of the Budi Utomo Orphanage in Metro City. With practice or simulation, the results of the students' experiments can be seen whether they are successful or not. The outputs to be achieved are: conducting information technology da'wah to Orphanage Children so that they can feel more involved in the process of seeking information, learning about Islam, and making decisions. They can ask questions, and get a better understanding of the topics they want. Apart from that, DuoLingo is used as a place for free online language learning, such as English and Arabic learning exercises at various levels.

Keywords: ChatGPT, Duo Lingo, PKM Chat GPT.


Keywords


ChatGPT, Duo Lingo, PKM Chat GPT.

Full Text:

PDF

References


Wang, M. (2023). Chat GPT: A Case Study. PDGIA Journal of Higher Education.

ChatGPT, 29 April 2023, 23:59 https://chat.openai.com/

Castillo, A. G. R., Silva, G. J. S., Arocutipa, J. P. F., Berrios, H. Q., Rodriguez, M. A. M., Reyes, G. Y., ... & Arias-Gonzles, J. L. (2023). Effect of Chat GPT on the digitized learning process of university students. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture, 33, 1-15.

Hidayat, A., & Anggoro, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Optimalisasi Dakwah Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Sekampung Lampung Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 117-124.

Teske, K. (2017). Duolingo. Calico Journal, 34(3), 393-401.

Vesselinov, R., & Grego, J. (2012). Duolingo effectiveness study. City University of New York, USA, 28(1-25).

Hidayat, A., & Anggoro, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Optimalisasi Dakwah Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Sekampung Lampung Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 117-124.

Ritonga, M., Febriani, S. R., Kustati, M., Khaef, E., Ritonga, A. W., & Yasmar, R. (2022). Duolingo: An Arabic speaking skills learning platform for andragogy education. Education Research International, 2022.

Abdul Kadir, Terra Ch. Triwahyuni. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Asroni, A., Hidayat, Arif. (2019). Pembuatan Alat Penjernih Air Menggunakan Arang Sekam Padi Di Kampung Yudha Karya Jitu Kecamatan Rawa Jitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 3(3), 129-131.

Cardwell, R., LaFlair, G. T., & Settles, B. (2022). Duolingo English Test: Technical Manual.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i2.2775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: