Peningkatan Pengetahuan Phbs Penghuni Panti Asuhan Melalui Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Video
Abstract
ABSTRAK
Penghuni panti asuhan merupakan salah satu kelompok masyarakat yang perlu mendapat perhatian lebih untuk mencapai derajat kesehatan baik secara individu maupun kelompok melalui pembelajaran agar terjadi peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku positif bidang kesehatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat para penghuni Panti Asuhan As-Salam yang pada akhirnya berdampak pada sikap dan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui penyuluhan kesehatan dengan metode pemutaran video perilaku hidup bersih dan sehat, diselingki tanya jawab, demonstrasi, dan praktik melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Keberhasilan kegiatan ini dengan mengukur perubahan tingkat pengetahuan saat sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan menggunakan metode pemutaran video. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada peningkatan rata-rata skor pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan kesehatan sebesar 12,63 dari 82,11 menjadi 94,74 dan secara statistik peningkatan tersebut signifikan (p-value=0,021). Simpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti As-Salam melalui penyuluhan kesehatan dengan metode pemutaran video berhasil meningkatan pengetahuan PHBS penghuni panti asuhan. Untuk memantau dan membina PHBS para penghuni panti asuhan diperlukan kegiatan sejenis dengan topik dan materi berbeda yang dilakukan secara berkala dan terus menerus.
Kata kunci: PHBS, Penyuluhan Kesehatan, Panti Asuhan
ABSTRACT
Orphanage residents are a group of people who require additional care in order to obtain health degrees both individually and in groups through learning, resulting in a growth in knowledge, attitudes, and positive conduct in the health sector. This community service project intends to strengthen the residents of the As-Salam Orphanage's awareness of clean and healthy living behaviors, which will have an impact on positive attitudes and conduct in everyday life. This activity is implemented through health counseling, which includes watching films of clean and healthy living activities interspersed with questions and answers, demonstrations, and practicing clean and healthy living behaviors. The success of this exercise was determined by comparing changes in knowledge before and after receiving health education via video playback. According to the data analysis results, there was a 12.63 rise in the average knowledge score before and after health education, from 82.11 to 94.74, and the increase was statistically significant (p-value = 0.021). Conclude that community service activities at the As-Salam Orphanage through health education utilizing the video playback approach were successful in enhancing orphanage residents' PHBS awareness. Similar activities with varied subjects and materials that are carried out on a regular and ongoing basis are required to monitor and foster PHBS for orphanage inhabitants.
Keywords: PHBS, Health Counseling, Orphanage
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati PDC, Ridlo IA. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47–58.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.
Effendy N. (2003). Dasar-Dasa Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Edisi Ke-2). EGC.
Kementrian kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). In Peraturan Menteri Kesehatan No. 2269 TAHUN 2011 tentang Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kemenkes RI.
Notoadmodjo S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Notoatmodjo S. (2013). Pendidikan dan perilaku kesehatan (N. S (ed.)). Rineka Cipta.
Suliha U, Herawani, Suiatai, el al. (2001). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. EGC.
Zukmadini AY, Karyadi B, Kasrina. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1), 68–76.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i2.2801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
indexing by:
Â
Supported by: