Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D Legenda The Origins of Lampung City Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X Upaya Penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal

Oki Arifin, Khusnatul Amaliah, Yusep Windhu Ari Wibowo, Andri Febriyadi Putra, Ketut Putri, Vina Lupitasari

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Program Perberdayaan Masyarakat (PBM) dengan melibatkan mitra yaitu SMA PGRI Katibung yang merupakan salah satu sekolah penggerak jenjang SMA yang berlokasi di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan mendukung penerapan Kurikulum Merdeka yang berbasis kearifan lokal di wilayah Provinsi Lampung pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara siswa. Media pembelajaran berupa video animasi 2D yang mengangkat kisah legenda asal-usul Lampung dan dikemas dalam bahasa Inggris agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Lampung. Masalah utama dalam PKM ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi tidak maksimal sehingga menghambat penyampaian informasi dari guru kepada siswa terutama dalam pembentukan karakter materi pokok narrative text dan penanaman nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita. Kemudian siswa kurang memiliki budaya literasi terhadap naskah-naskah nusantara. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah 1) Edukasi dan pelatihan, 2) Diskusi dan ceramah, dan 3) Pendampingan pembuatan video animasi 2D. Kegiatan PKM yang dilakukan telah menghasilkan video animasi 2D sebagai penerapan media pembelajaran berbasis teknologi telah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung penyampaian materi narrative text. Kegiatan pendampingan memberikan tambahan pemahaman dalam pemanfaatan gadget yang dimiliki sebagai alat yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi 2D yang dapat membantu dalam pembuatan media Pembelajaran digital secara mandiri.

Kata Kunci: Animasi 2D, Kurikulum Merdeka, Media Pembelajaran

ABSTRACT

Community Service Activities (CSA) with the Community Empowerment Program (CEP) scheme involving partners, namely SMA PGRI Katibung, which is one of the driving schools for the high school level located in Tarahan Village, Katibung District, South Lampung Regency, Lampung. This CSA activity aims to develop effective learning media and support the implementation of the Independent Curriculum based on local wisdom in the Lampung Province region in English subjects as an effort to improve students' Indonesian manuscript literacy culture. The learning media is in the form of a 2D animated video that depicts the legendary story of the origins of Lampung and is packaged in English to improve students' English language skills while introducing Lampung's local wisdom. The main problem in this PKM is that the use of technology-based learning media is not optimal, thereby hampering the delivery of information from teachers to students, especially in character-building on the main material of narrative texts and instilling moral values contained in stories. Then students lack a culture of literacy towards Indonesian manuscripts. The learning methods used are 1) Education and training, 2) Discussions and lectures, and 3) Assistance in making 2D animation videos. The CSA activities carried out have produced 2D animated videos as an application of technology-based learning media that can be utilized optimally to support the delivery of narrative text material. Mentoring activities provide additional understanding of the use of gadgets owned as tools that can be used to create 2D animations which can help in creating digital learning media independently.

Keywords: 2D Animation, Independent Curriculum, Learning Media


Keywords


Animasi 2D, Kurikulum Merdeka, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Hariharasudan, A., & Kot, S. (2018). A scoping review on Digital English and Education 4.0 for Industry 4.0. Social Sciences, 7(11), 113. https://doi.org/10.3390/socsci7110227

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kuspiyah, H. R., Amaliah, K., Kurniawan, A., & ... (2022). Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D Sebagai Upaya Melestarikan Manuskrip Nusantara. Prosiding , 4754. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/20986%0Ahttps://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/20986/12935

Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 63136318. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Pouw, O. A., & Mulyanti, D. (2023). Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Jenjang Sma. Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, 1(2), 7782. https://doi.org/10.32897/jiim.2023.1.2.2076

Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, S. W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, ISSN 26866(http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes), 825829.

Saputra, A., Majid, N. K., & Setiawan, D. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Animasi 2D Tingkat Sd Pondok Nurul Huda 3 Martapura. BaJET (Baturaja Journal of , 6(2), 376380. http://www.journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET/article/view/1754%0Ahttp://www.journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET/article/download/1754/1152

Sari, B. K., Herdajanti, A. F., Puspiyanti, R. Y., Shifa, D., Muzzamil, M. K., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 117126.

Sari, K. A. W., Sindu, I. G. P., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 100110. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i2.31525

Wardani, S., & Endahati, N. (2019). Animasi Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika Universitas PGRI Yogyakarta, 6873.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i2.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: