Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga Sebagai Upaya Mewujudkan Lingkungan Bebas Sampah Di Desa Wanagiri Pandeglang

Titin Fatimah, Utomo Budiyanto, Anissa Amalia Mulya

Abstract


Desa Wanagiri adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang yang masih terkendala masalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Setiap rumah, rata-rata menghasilkan sampah organik yang berasal dari dapur. Kulit buah dan sayuran adalah salah satu komponen terbesar dalam limbah makanan. Banyak kulit buah dan sayuran yang secara rutin dibuang selama proses memasak tanpa memperhatikan nilai gizinya. Pengolahan sampah di Desa Wanagiri masih menggunakan pembakaran untuk sampah kering dan untuk sampah basah akan dibiarkan begitu saja. Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan seperti timbulnya bau tidak sedap. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengurangi sampah rumah tangga dan secara umum menciptakan masyarakat yang lebih sadar lingkungan. Dan untuk mengurangi sampah organik, dapur adalah tempat yang tepat untuk memulai. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berusaha mengatasi permasalahan yang terjadi dengan memanfaatkan dan mengubah sisa bahan dapur (semua bagian sayuran dan buah yang dapat dimakan) menjadi makanan atau minuman yang memiliki nilai ekonomis melalui resep-resep masakan yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile SISA DAPUR. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berusaha mengatasi permasalahan yang terjadi dengan metode sosisalisasi dan demonstrasi. Kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pengolahan dan pemanfaatan sampah organik ini melibatkan masyarakat Desa Wanagiri sebagai peserta yang berperan aktif dalam kesuksesan kegiatan ini.

Kata kunci: buah, organik, pengolahan, sampah, sayuran


References


Andini, S., Saryono, S., Fazria, A. N., dan Hasan, H. (2022). Strategi Pengolahan Sampah dan Penerapan Zero Waste di Lingkungan Kampus STKIP Kusuma Negara. Jurnal Citizeship Virtues, 2(1), pp. 273-281.

Mulyani, R., Anwar, D.I., dan Nurbaeti, N. (2021). Pemanfaatan Sampah Organik untuk Pupuk Kompos dan Budidaya Maggot Sebagai Pakan Ternak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), pp. 568-573.

Sugiardi, S. dan Ellyta, E. (2021). Zero Waste dengan Pengolahan Sampah Basah Rumah Tangga Menjadi Kompos. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1).

Suryawan, I. G. P. dan Atmika, I. G. N. A. (2021). Pengelolaan Sampah Berbasis Zerowaste No Landfill Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan. Jurnal Bakti Saraswati, 10(2), pp. 138-145.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Zulfa, M.C., Akbar, A.S., dan Azzat, N.N. (2022). Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren Al-Mustaqim. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(2), pp. 167-172.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i1.3150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: