Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mata Kuliah Gizi dan Biokimia Pangan Pada Masyarakat di Desa Tanggulangin Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Mulyani HRA, Widya Sartika, Handoko S, Dasrieny P, Suharno Z Z, Oka A A, Agil Lepiyanto

Abstract


Pembelajaran Project based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran.  Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Salah satu penerapan pembelajaran PjBL dalam mata kuliah Gizi dan Biokimia pangan adalah menggunakan bioteknologi sederhana dalam pengolahan bahan pangan yaitu menggunakan metode/teknik fermentasi.  Makanan fermentasi adalah makanan yang dibuat dengan menambahkan enzim atau mikroorganisme sehingga mengalami perubahan biokimia dan memberikan ciri secara spesifik pada makanan tersebut, yaitu memberikan rasa yang lebih baik, lebih mudah dicerna dan kandungan gizinya lebih tinggi dari bahan dasarnya.  Dalam kegiatan pengabdian Masyarakat di Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Makmur desa Tanggulangin kecamatan Punggur Lampung Tengah, makanan produk fermentasi yang akan dipraktekkan adalah : minyak kelapa murni (VCO), Nata de Coco dan Tape pisang, tape sukun.

KWT Tunas Makmur sangat mengapresiasi untuk diadakan pelatihan pembuatan VCO, Nata dan tape, karena selama ini hasil kebun kelapa hanya untuk sayur santan, air kelapa dibuang dan pisang dan sukun hanya direbus dan di goreng. Dengan diolahnya buah kelapa menjadi minyak kelapa murni, nata de coco dan tape pisang serta tape sukun akan menjadi variasi pangan yang baru dan dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena produk fermentasi sekarang memiliki harga jual yang lebih tinggi karena kaya akan manfaat bagi kesehatan.  Metode fermentasi tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan bakunya mudah didapat dengan harga murah dan pengolahannya sangat sederhana serta produk yang diperoleh memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.  Luaran kegiatan pengabdian adalah laporan kegiatan dan publikasi di jurnal atau proseding.


References


Badan Standarisasi Nasional. 2008. Minyak kelapa virgin coconut oil (VCO).SNI 7381:2008

Emilia I,dkk. 2021. Pembuatan virgin coconut oil (VCO) dengan cara fermentasi di desa Gunung Megang kecamatan gunung megang Muara Enim. Jurnal Sainmatika. Volume 18.No.1, Juni 2021. Univpgri. Palembang.

Fardiaz. 1992. Mikrobiologi Pangan I. Jakarta. PT. Gramedia Utama Pusaka.

Ganjar, dkk. 2003. Tapai from cassava and sereal. Di dalam : First International symposium and workshop on insight into the world of indigenous fermented foods and technology development and foods safety. Bangkok. Hal. 1-10.

Hidayat,et,al. 2009. Tapai makanan pengobat rasa malas. Yogyakarta. Kanisius.

Jay, J.M.M.J. Leosner dan G.A. Golden. 2005. Modern Food Microbiology. 7th Edition. Springer. New York.

Meilliawati, R. 2008. Kajian bahan pembawa untuk meningkatkan kualitas pasta nata de coco. Puslit Biotek LIPI Bogor. Biodiversitas.mipa.ic.id.

Mulyani HRA, Sujarwanta A, Asih T. 2018. Model of scientific learning approach project based learning (PjBL) on practicum for students biology teacher candidate.

Proceeding of the 3rd Progresive and Fun Education International Proceeding. Volume 1 (2018). Agustus 2018. Surabaya. Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i1.3185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: