PENGUATAN LITERASI BARU UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM HARATI

Gita Anggraini, Anis Aulia Fitri, ⁠Nor Aida Oktaviana, Noorfa'izah Rosyadah, M. Jumawan, Ria Salsabila

Abstract


PKBM Harati merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Lembaga ini menyelenggarakan pendidikan kesetaraan baik Paket A, Paket B, dan Paket C. Masih terdapat sejumlah masalah dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Masalah yang dihadapi warga belajar disebabkan oleh durasi waktu mereka putus sekolah cukup lama sehingga kesulitan untuk mencerna materi pelajaran dan memecahkan soal-soal latihan. Selain itu, warga belajar tidak fokus lagi pada pendidikan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka tim pelaksana menawarkan solusi berupa penguatan literasi baru untuk meningkatkan critical thinking skills warga belajar. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode pendampingan dan pemberdayaan. Kegiatan terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Materi yang diberikan berupa literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia dengan metode ceramah, praktik, games, dan latihan. Kegiatan ini dilakukan oleh tim lima orang mahasiswa didampingi oleh satu orang dosen pendamping. Hasil dari kegiatan pengabdian ini, warga belajar telah memiliki pemahaman tentang literasi baru dan dapat mengimplementasikannya dalam belajar.  


References


Ahmadi, F. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. C.V Pilar Nusantara.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skill Siswa Pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems, 92-100.

Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across The Curriculum: A Vision. Topoi, 165-184.

Ika Rahmawati, Arif Hidayat, Sri Rahayu. (2016). Analisis Keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannya . Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Vol 1.

Juliana Nirahua, Jony Taihuttu, Vunty Sopacua. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill pada mata kuliah astrofisika dalam menyongsong era revolusi 4.0. Jambura Physics Journal, 24-36.

Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.

Nikensari. (2020). Pemerataan Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia Pada Mahasiswa Pendidikan Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0. Fakultas Ekonomi UNJ.

Pramana, S. (2020). Peningkatan Litarasi Data Menuju Indonesia 4.0. Empowerment in the Community, 37-40.

Putri, Y. E. (2022). Pemerataan Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia Pada Mahasiswa Pendidikan Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0. Repository Fakultas Ekonomi UNJ.

Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & Ilhami, B. S. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar , 143-148.

Yani Fitriani, Ikhsan Abdul Aziz. (2019). Literasi era Revolusi 4.0. Prosiding SENASBASA, 100-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i1.3192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: