Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Kota Metro

Heri Cahyono

Abstract


Kondisi karakter masyarakat Indonesia dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai keagamaan cukup mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan baik dari masyarakat itu sendiri maupun dari pihak pemerintah. Pembinaan karakter moderasi beragama sejak dini merupakan kegiatan yang cukup efektif dilakukan sebagai transfer of value, sehingga mempu menjadi salah satu langkah yang jarang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat umum dalam mengajarkan secara sadar tentang pentingnya dalam memiliki karakter yang moderat. Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman adalah salah satu TPQ yang terletak di Kota Metro sebagai Lembaga Pendidikan non formal keagamaan sehingga muatan pengajarannya lebih menekankan aspek keagamaan dan pendidikan karakter. yang telah memiliki struktur kurikulum berbasis moderasi beragama, namun belum dapat diimplementasikan mengingat belum adanya buku modul yang dapat digunakan sebagai bahan panduan pelaksanaannya, Sehingga dari permasalahan ini dirasa sangat perlu untuk dilakukan pendampingan penyusunan modul pembelajaran akhlak berbasis moderasi beragama sebagai langkah dalam mewujudkan implementasi kurikulum berbasis moderasi beragama di Taman Pendidikan al-Qur’an Masjid Nurul Iman Tejoagung Kota Metro kehadiran tim pengabdi menjadi jawaban bagi permasalah yang ada sehingga terwujudnya modul ajar akidah akhlak berbasis moderasi beragama sebagaimana yang dibutuhkan oleh lokasi pengabdian.


References


Novita Septryanestil, Lazulva, "Desain Dan Uji Coba E-Modul

Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon", Jurnal Tadris Kimiya,

( Desember 2019 ), h. 203.

Eka Puspita Dewi , Agus Suyatna , Abdurrahman , Chandra Ertikanto

"Efektivitas Modul Dengan Model Inkuiri Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Pada Materi Kalor", Tadris: Jurnal Kependidikan dan I/mu Tarbiyah, Vol. 2, No. 2, ( 2017 ), h. 105.

Yaumil Qoriaha , Sumarnob , Nurul Umamah c, The Development Prehistoric Of Jember Tourism Module Using Dick And Carey Model", Jurnal Historica, Volume. l, (2017), h. l O l.

Riri Susanti, "Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, No. 2, (Juli• Desember 201 7), h. 161.

Iffaty Zamimah, “Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan:,” Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 1, no. 1 (August 31, 2018): 75–90, doi:10.33511/alfanar.v1n1.75-90.

Meiza, “Sikap Toleransi dan Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.”




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i1.3203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: