Implementasi Teknologi QR Code Untuk Edukasi Pada Posyandu Dan Masjid Desa Bumi Harjo

Muhammad Fadly Afsi, Rahmat Hidayahtullah Aziz, Jerri Andika, Dzaki Prastia, Ariel Saddam, Stevanus Redam Angkoro, Alfan Ardi Putra, Salsa Billa Latip, Khanesya Zara Zhulhija

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan teknologi digital telah menjadi kunci dalam meningkatkan pendidikan kesehatan dan keagamaan di era modern. Dalam konteks pembelajaran, teknologi digital memainkan peran vital dalam mempermudah dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi proses belajar mengajar. Dari pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) hingga literasi digital dalam pendidikan agama Islam, terlihat bahwa teknologi digital telah memberikan dampak positif yang signifikan. Transformasi digital juga memperkuat moderasi beragama dengan menyebarkan pesan-pesan moderasi kepada masyarakat, terutama generasi muda. Namun, pentingnya literasi digital dalam memaksimalkan manfaat teknologi digital tidak boleh diabaikan. Dengan pemahaman yang baik tentang literasi digital, masyarakat dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk mendukung nilai-nilai toleransi, kerukunan, dan moderasi beragama. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi digital dalam edukasi kesehatan dan keagamaan menjadi krusial dalam memajukan pendidikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan di tengah dinamika digitalisasi yang terus berkembang.

Kata kunci: Teknologi Digital, Edukasi Kesehatan, Edukasi Keagamaan, Literasi Digital, Moderasi Beragama

Keywords


Teknologi Digital, Edukasi Kesehatan, Edukasi Keagamaan, Literasi Digital, Moderasi Beragama

References


Rhomadhona, H. (2018). Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1).

Muharom, L. A. (2016). Penerapan model presensi ujian semester berbasis quick response Code (QR Code) di Universitas Muhammadiyah Jember. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 1(2).

Haryana, K. S. (2019). Penerapan agile development methods dengan framework scrum pada perancangan perangkat lunak kehadiran rapat umum berbasis Qr-Code. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 13(2), 70-79.

Agustini, S. (2021). Penerapan media pembelajaran Qr Code berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 1-10.

Fajarianto, O., Lestari, A. D., & Erawati, D. (2021). Pemanfaatan Qr Code Sebagai Media Promosi Dan Informasi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 9(1), 100-107.

Hussein, O. S., Wahyuni, R., & Mukhtar, H. (2018). Sistem informasi deteksi kehadiran dan media penyampaian pengumuman dosen dengan menggunakan teknik pengenalan QR code. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(2), 85-92.

Fajarianto, O., Lestari, A. D., & Erawati, D. (2021). Pemanfaatan Qr Code Sebagai Media Promosi Dan Informasi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 9(1), 100-107.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i2.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: