Pelatihan dan Pendampingan Guru Matematika SMP/MTs Kota Batu dalam Mengembangkan Instrumen AKM

Minatun Nadlifah, Rizal Dian Azmi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini sebagai program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk melatih serta mendampingi guru matematika SMP/MTs Kota Batu dalam mengembangkan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh penyampaian keluhan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kota Batu bahwa kegiatan MGMP belum pernah membahas soal AKM. Padahal, hasil AKM menunjukkan guru dan siswa belum berpengalaman dalam membuat maupun menyusun soal AKM. Metode Pelaksanaan program yaitu dengan menganalisis kebutuhan guru dalam penentuan materi melalui kuisioner, pelatihan penyusunan soal AKM dan pendampingan penyusunan soal AKM. Hasil pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan yaitu guru belum berpengalaman dalam menyusun dan membahas soal AKM, guru masih belum tepat dalam menyelesaikan soal AKM, guru tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan AKM, serta guru telah menyusun 9 soal AKM dengan konten dan konteks yang bervariasi. Rekomendasi program pengabdian kepada masyarakt selanjutnya yaitu diadakan pendampingan uji coba soal AKM kepada siswa.

References


Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/25/22

Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa, 11(3). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p779-793

Budiarto, M. T., Wijayanti, P., Susanah, & Prihartiwi, N. (2023). MENILAI KUALITAS SOAL SETARA AKM KOMPONEN LITERASI NUMERIK BUATAN GURU SMP DI KABUPATEN MADIUN BERDASARKAN KONTEN, KONTEKS, LEVEL KOGNITIF, DAN VARIASI SOAL. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(01), 50–60. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i01.a5407

Deviana, T., & Aini, D. F. N. (2022). ASSISTANCE OF MINIMUM ASSESMENT LITERACY TOWARDS A NATIONAL ASSESSMENT AS TEACHER COMPETENCY DEVELOPMENT AT KKG SD GUGUS V, KEC. TUMPANG. Abdimas Galuh, 4(1). https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.7184

Effendi, M. M., Ummah, S. K., & Cahyono, H. (2023). Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.1983

FA’IQOH, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Akm Tipe Pilihan Ganda Kompleks Pokok Bahasan …. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika.

Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist Awalia Fauzia. Jurnal Primary, 7(April), 40–47.

Meiliasari, Rahayu, W., & Maryam, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian Numerasi untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMP. Sarwahita, 19(01), 54–64. https://doi.org/10.21009/SARWAHITA.191.6

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP SE-KOTA SUNGAI PENUH DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919

Pembelajaran, P. A. dan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Kemdikbud. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2_202101_1.pdf

Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., Fatmawati, F., & Arianto, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Literasi, Numerasi dan Karakter Bagi Guru SMP Swasta PAB Se-Kabupaten Deli Serdang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5). https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i5.245

Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rachman, I., Rahmat, M. B., Adianto, A., Munadhif, I., & Adistira, R. Y. (2021). Pengenalan PLC untuk Meningkatkan Kemampuan Logika Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Siswa SMAN 1 Jogorogo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p147-151

Rigianti, H. A., & Utomo, A. C. (2022). ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM RANAH LITERASI MEMBACA DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(1). https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4254

Sariningsih, R., Kadarisma, G., & Ristiana, M. G. (2022). Pkm: Pelatihan Penyusunan Soal Akm Bagi Guru Di Kabupaten Pangandaran. Abdimas Siliwangi, 5(2).

Sujadi, I., Budiyono, B., Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. A. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS NUMERASI PADA GURU MATEMATIKA SMP UNTUK MENUNJANG ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Abdimas Galuh, 5(1). https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9085

Sulistyani, N., & Kusumawardana, A. S. (2022). Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi dalam Menyiapkan AKM pada Guru SD. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1).

Taufik, A., Riyadi, M., & Nurhayati, N. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Literasi Numerasi. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.254




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i2.3402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by: