Pelatihan Literasi Digital dalam Pembuatan Media Pembelajaran untuk Guru di Suansanti School Bangkok Thailand

Soffi widyanesti priwantoro, Syariful Fahmi, Arilia Triyoga

Abstract


Adanya kebutuhan bagi guru untuk menguasai teknologi sebagai bekal untuk mengembangkan media berbasis digital merupakan tuntutan di era saat ini. Kegiatan pngabdian ini diutujukan untuk guru-guru Suansanti School Bangkok Thailand agar dapat menambah pengetahuannya mengenai literasi digital, terutama pada pengembangan media pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara pemberian pelatihan secara daring yang diawali dengan pretest dan diakhiri dengan postest. Dari kegiatan pretest dan psotest terlihat kenaikan kemempuan pengetahuan guru Suansati school mengenai lieterasi digital, diantaranya utnuk topik mengenai pendidikan berbasis teknologi mengalami kenaikan dari 54% ke 77%. Sementara untuk variasi media pembelajaran berbasis teknologi naik dari 32% ke 68,2%.


Keywords


teknologi, literasi, digital, media pembelajaran

References


Al Mardhiyyah, S., Latief, M. A., & Masduqi, H. (2021). Enhancing the students’ learning motivation by using instructional media for thailand’s municipal school. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 9(1), 76-91.

Aroonsrimarakot, S., Laiphrakpam, M., Chathiphot, P., Saengsai, P., & Prasri, S. (2023). Online learning challenges in Thailand and strategies to overcome the challenges from the students’ perspectives. Education and Information Technologies, 28(7), 8153-8170.

Ashshiddiqie, T. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas X-2 tingkat Mathayom di Seuksasart Islam School Thailand Selatan.

Awaluddin, Y. (2018). Efektivitas program guru pembelajar dalam peningkatan kompetensi guru IPS SMP dengan moda daring murni dan daring kombinasi: studi evaluatif dan komparatif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1-16.

Azahari, N. S., & Rahimi, N. M. (2022). Amalan pembelajaran teradun sebagai satu pendekatan pembelajaran norma baharu. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 186-196.

Chankuna, D., Thanaiudompat, T., & Sujintawong, P. (2022). The analysis of problems and needs of educational information technology of Thailand National Sports University. The Asian Institute of Research Education Quarterly Reviews, 5(2), 128-132.

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan media audio visual (video) animasi berbasis Doratoon materi hak dan kewajiban penggunaan sumber energi mata pelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505-6513.

Garini, A. W., Respati, R., & Prana, A. M. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186-191.

Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809-815.

Hanıf, A., & Imran, M. (2022). When technology-based learning is the only option: Evaluating perceived usefulness of social Media. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(2), 107-119.

Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak.

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715-2722.

Loglo, F. S., & Zawacki-Richter, O. (2023). Learning with digital media: a systematic review of students’ use in African higher education. Journal of Learning for Development, 10(1), 1-23.

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76-81.

Payadnya, I. P. A. A., Wena, I. M., Noviantari, P. S., Palgunadi, I. M. P. K., & Pradnyanita, A. D. C. (2023). Development of RME Learning Media Based on Virtual Exhibition to Improve Students' High Order Thinking Skills (HOTS). Mathematics Teaching Research Journal, 15(5), 129-156.

Rahmadjati, I., Thuba, U. L., Apriliani, L., Izza, N., Bunda, D. P., Lutfiah, I., ... & Umar, M. T. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PEMBUATAN BLOG DI DESA SOKAWANGI, KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN PEMALANG. Kampelmas, 2(2), 1671-1688.

Rahmawati, D., Anwar, R. B., Hidayat, A., & Hartati, U. (2021). Pelatihan pembuatan e-modul di smp muhammadiyah 1 Sekampung Udik. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 29-36.

Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91-105.

Rosiana, D., Wahyudi, W., & Ngatman, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas VA SDN 2 Kebulusan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).

Sari, I. N., & Hayat, H. (2021). Service learning klinis artikel ilmiah guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat jabatan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1114-1119.

Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam membuat e-learning sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), 332-337.

Suphakicco, P. S. (2022). The Trends of Education after the COVID-19 Situation in Thailand. Education Quarterly Reviews, 5(2).

Taylor, P., Argasvipart, K., Kanokpermpoon, M., Rattanawisadrat, N., Dyamond, B. J., & Hrylytskyy, A. (2023). Stakeholders' Perceptions Related to Technology Acceptance of" Reading Progress" in Microsoft Teams: A Case Study of a Trilingual Program at a Secondary School in Thailand. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 16(2), 718-736.

Tiang-uan, A. (2023). Effect of Using Quizlet on Thai Students' English Collocation Learning Achievement and Retention: A Study of a University in Thailand. International Journal of Education and Literacy Studies, 11(4), 24-30.

Waldopo, W. (2015). DAMPAK PELATIHAN PEMANFAATAN TIK (PeTIK) UNTUK PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SEKOLAH INDONESIA DI LUAR NEGERI (Studi guru-guru sekolah Indonesia di Bangkok-Thailand). Jurnal Teknodik, 024-035.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Yunardi, Y. (2014). Sistem Pendidikan di Thailand. Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok. atdikbudbangkok. org.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i2.3414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: