Pembudayaan Literasi Numerasi Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Android di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik

Dwi Rahmawati, Rahmad Bustanul Anwar, Umi Hartati, Mustika mustika, amrih Sugiarti, Amri Reza Wahyudin, Hendri Indra Setiawan

Abstract


Rendahnya capaian kemampuan literasi numerasi siswa menjadi tugas setiap pendidik dan sekolah untuk memberikan faslitias kepada siswa untuk mengakses informasi yang bersifat literasi numerasi dalam pembelajaran terlebih yang berkaitan dengan kearifan lokal. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyaratat (PkM) ini adalah meningkatkan pengintegrasian literasi numerasi berbasis android terinternalisasi kearifan lokal di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan PkM meliputi prasurvei, pelaksanaan workshop, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PkM yaitu 1) Peningkatan kesadaran pentingnya literasi numerasi di sekolah sebesar 90%, 2) Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra pengembangan program literasi numerasi sebesar 91%, 3) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengembangan fasilitas literasi numerasi berbasis android terinternalisasi kearifan lokal sebesar 87%, 4) Tingkat kepuasan mitra dalam kegiatan pengabdian termasuk kategori sangat puas. Untuk itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian secara kontinu dan berkelanjutan.

Keywords


Aplikasi Android, Kearifan Lokal, Literasi Numerasi

References


Balitbang.

(2019).

Infografis

Pisa

-

Indonesia

https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/BTKR4cP76DK3pqM

Hartati U, Kuswono K, Agustono R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal

Berbasis Android Bermuatan Nilai Karakter. J Lentera Pendidik Pus Penelit LPPM UM

Metro, 5(2):108–20.

Kemdikbud. (2021). Direktorat SD. Pendidikan, Kementerian Teknologi, dan Dasar,

Direktorat Sekolah Pengantar, Kata. Modul Literasi Numer Di Sekolah Dasar.

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2

Modul

Literasi

Numerasi.pdf

Masitoh, M. (2019). Mengingat Dan Mendekatkan Kembali Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Piil

Pesenggiri) Sebagai Dasar Pendidikan Harmoni Pada Masyarakat Suku Lampung.

Edukasi Ling Sastra, 17(2): 64–81.

Mufida IR. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Menggunakan Aplikasi Sigil Pada

Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 7 Metro. Universitas

Muhammadiyah Metro.

Rahmawati D, Vahlia I, Yunarti T. (2022). Validity Analysis of Development of Socrates

Based Linear Aljebra E-Modules. Educ Q Rev, 5(2).

Rahmawati D, Anwar RB, Hidayat A. (2022). Pelatihan Pembuatan E-Modul Di SMP

Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Sinar Sang Surya, 5(2):29–36.

Sholihah SM, Farida N, Rahmawati D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis

Kontekstual Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Materi Barisan Dan Deret. EMTEKA J

Pendidik Mat., 2(2):168–80.

T. Chandra, A. As’ari, I. Parta, P. Purwanto, dan S. Nasution. (2021). Pendampingan

Penyusunan Soal AKM Numerasi Untuk Guru Matematika Smp Di Kota Probolinggo.

PEDULI, vol. 5, no. 2, pp. 10-16.

Wulandari S, Sawita N, Rustam R. (2022). Efektivitas Blended Learning Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar. J Tunas Pendidik, 5(1): 211–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by: