PENYULUHAN DAN EDUKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE DESA SEMBRANI WATUSIGAR
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu masyarakat desa Sembrani dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Latar belakang dilaksanakannya program PKM ini karena jumlah kunjungan wisatawan ke desa Sembrani belum sesuai harapan masyarakat. Meskipun desa wisata Sembrani memiliki potensi wisata yang beraneka ragam, namun potensi ini belum diiringi dengan kemampuan masyarakat dalam memasarkan paket wisata kepada calon wisatawan. Guna mengatasi permasalahan ini maka dilaksanakan program PKM selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 5 hingga 7 september 2024. Bentuk pelaksanaan pengabdian yaitu dengan memberikan penyuluhan dan edukasi tentang dasar-dasar pemasaran paket wisata kepada masyarakat desa Sembrani. Pelaksanaan PKM memberikan luaran berupa peningkatan kemampuan dan penambahan keilmuan tentang pemasaran paket wisata kepada masyarakat desa wisata Sembrani. Peningkatan kemampuan dan keilmuan tentang strategi pemasaran diyakini akan dapat diimplementasikan oleh masyarakat guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke desa Sembrani.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chen, S., & Zai, I. (2022). Rancangan dan Penerapan Promotion Mix Pada PT.Batamas Indah Permai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 91–100. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.423
David, & Fahlevi, R. (2023). Implementasi Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet di Toko Makmur Abadi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1509–1518.
Harahap, E. F., Fitriana, R., Adisuwiryo, S., & Najih, M. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Andi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 6(1), 61–66. https://doi.org/10.25105/jamin.v6i1.17449
Mas’ud, M. I., Zahro, M., Setiawan, B., Putri, W. L., Kurniasari, N. S., Fauzi, A., Risma, N., & Nafisah, J. (2021). Community assistance in the establishment of an educational tour of Kampung Sutera. Community Empowerment, 6(7), 1299–1303. https://doi.org/10.31603/ce.5254
Mukaffi, Z., & Tri Haryanto. (2022). Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.55123/toba.v1i2.356
Nurbaeti, Rahmaita, M., Ratnaningtyas, H., & Nurmalinda, E. (2022). Pengaruh Komponen 4A Pariwisata terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Jurnal Kawistara. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/kawistara.69846
Partama, I. Gd, Y., Pandawana, I. D. G. A., Kumara, D. G. A. G., Puspitawati, N, M. D., Andriyani, A. A. A. D., & Wijaya, I. M. W. (2022). PKM: Penyusunan Paket Wisata Lintas Desa Dalam Mewujudkan Desa Wisata Kerambitan Terintegrasi. Jurnal TUNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 45-51. DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v4i1.72
Rahmanita, M., Asmaniati, F., & Rosalina Dewi, T. (2020). Profiling Local Business Enterprises and Direct Effect of Tourism in Villages of Muntei Profiling Local Business Enterprises and Direct Effect of Tourism in Villages of Muntei, Madobag and Matotonan, South Siberut, Mentawai, Indonesia. Indonesia Tourism Research Journal, 4(2), 2958–9839.
Setiati, R., Aini Besila, Q., Syavitri, D., Agung Rakhmanto, P., Misbahudin Muayyad, D., & Widiyatni, H. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada Masyarakat Peduli Lingkungan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (Jamin), 5(2), 152–160. https://doi.org/10.25105/jamin.v5i2.17490.
Sirine, H., Petrisia, G. M. C., Situmorang, U. E., Margaretha, Y. A., Triantoro, A., Noviana, I. G., & Simanungkalit, D. F. (2023). Program Perancangan Paket Wisata dan Simulasi Pengunjung sebagai Upaya Pembangunan Pariwisata Desa. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1611-1624. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4775
Wibowo, N. 2024. Sosialisasi Pendampingan Desa Wisata Sembrani dari UGM dan Persiapan Visitasi Lomba Desa Wisata 202. Diakses pada 25 januari 2024, darihttps://desawatusigar.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/1946-Sosialisasi- Pendampingan-Desa-Wisata-Sembrani-dari-UGM-dan-Persiapan-Visitasi-Lomba-- Desa-Wisata-202
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v9i1.3715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by: