PENDAMPINGAN PARENTAL TRADITIONAL THAI MASSAGE UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SENSORI PADA KOMUNITAS PEDULI AUTIS LAMPUNG (KOPALA)
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan Parental Thai Massage. permasalahan yang diterapkan dalam komunitas ini adalah Parental Traditional Thai Massage, yang bertujuan untuk mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, serta meningkatkan kesadaran sensorik pada anak autisme.Parental Traditional Thai Massage ini memberikan stimulasi pada sistem saraf pusat, membantu meredakan ketegangan otot, dan menciptakan efek relaksasi yang bermanfaat bagi anak. Metode pengabdian ini yaitu pengumpulan data, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan mitra sangat antusias dalam mengikuti pendampingan pendampingan Parental Thai Massage. Sebelum pendampingan dilakukan, hampir secara keseluruhan mitra belum mengetahui manfaat pendampingan Parental Thai Massage untuk meningkatkan kesadaran sensoris pada anak autis. Setelah diberikan pendampingan Parental Thai Massage 90% anggota KOPALA memahami dalam pelaksanaan teknik Parental Thai Massage. Dalam kegiatan tersebut, KOPALA sangat antusias dalam mengikuti pendampingan pembuatan Parental Thai Massage. Sebelum pendampingan dilakukan, hampir secara keseluruhan KOPALA belum mengetahui bahwasannya Parental Thai Massage memberikan efek stimulasi untuk meningkatkan kesadaran sensoris. Setelah diberikan pendampingan teknik Parental Thai Massage 90% orang tua KOPALA memahami teknik Parental Thai Massage
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ruan, H., Eungpinichpong, W., Wu, H., & Aonsri, C. (2023). Physiological and psychological effects of parent-delivered traditional Thai massage in children with autism: Protocol for a randomized controlled trial. JMIR Research Protocols, 12, e41839. https://doi.org/10.2196/41839
Piravej, K., Tangtrongchitr, P., Chandarasiri, P., Paothong, L., & Sukprasong, S. (2009). Effects of Thai traditional massage on autistic children's behavior. Journal of Alternative and Complementary Medicine, 15(12), 1355–1361. https://doi.org/10.1089/acm.2009.0258
Nurfadhillah, S. et al. (2021) ‘Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota’, BINTANG, 3(3), pp. 459–465.
Dwiputra, S., Damayanti, L. and Sasmita, I. S. (2021) ‘Dental fear anak dengan gangguan spektrum autisme terhadap perawatan gigi Dental fear in children with autism spectrum disorders’, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, 33(3), pp. 213–221.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v9i2.4090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by: